Ini Dia Nama Terpidana Mati yang Bakal Dieksekusi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ini Dia Nama Terpidana Mati yang Bakal Dieksekusi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menjelang eksekusi mati tahap ketiga terhadap terpidana mati kasus narkoba, pemindahan narapidana ke Lapas Nusakambangan terus berlanjut. Masing-masing tengah diteliti aspek hukum dan teknisnya untuk memenuhi syarat pelaksanaan hukuman di depan regu tembak.

Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Noor Rachmad menyatakan, penuntasan upaya hukum menjadi pertimbangan utama. ’’Kami harus melihat semua dulu. Eksekusi mati ini tidak bisa hukumannya dibatalkan. Sebab, ini soal nyawa. Kami harus berhati-hati,’’ tuturnya di Gedung Bundar, Jakarta, Jumat (13/5).

Saat ini beredar 16 nama terpidana mati asal Tiongkok, Nigeria, Afrika Selatan, Zimbabwe, dan Indonesia. Empat warga Tiongkok yang masuk daftar mati adalah Zhu Xu Xiong, Cheng Hong Xin, Gang Chung Yi, dan Jian Yu Xin. Ada pula dua warga Zimbabwe, yaitu Ozias Sibanda dan Fredderick Luttar.

Dua terpidana asal Nigeria juga masuk, yakni Obina Nwajagu dan Humprey Ejike. Menyusul pula seorang warga asal Afrika Selatan, Seck Osmane. Terakhir, ada lima terpidana mati asal Indonesia. Mereka adalah gembong narkoba Freddy Budiman, Zulfikar Ali, Suryanto, Agus Hadi, Pujo Lestari, dan A Yam.

Noor menuturkan, Kejaksaan Agung (Kejagung) belum menentukan siapa saja terpidana mati yang akan dieksekusi. ’’Karena itu, nama-nama yang beredar hari ini itu belum benar,’’ tegasnya.

Namun, saat ditanya apakah ke depan bisa jadi nama tersebut benar-benar dieksekusi, dia tidak menjawab dengan jelas. Noor hanya tersenyum. ’’Ya, belum benar. Itu saja yang bisa saya katakan,’’ tutur mantan jaksa agung muda perdata dan tata usaha negara (Jamdatun) tersebut. (dio/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top