KPK Siap Bongkar Kasus Kunker Fiktif Anggota DPR – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

KPK Siap Bongkar Kasus Kunker Fiktif Anggota DPR

Foto: Ricardo/JPNN.com/JPNN
Calon Pimpinan (Capin) KPK Inspektur Jenderal Basaria Panjaitan mengikuti tes Pembuatan Makalah oleh Calon Pimpinan KPK di Ruang Rapat Komisi III DPR, Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/12).

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Publik kembali dikagetkan dengan nikmatnya menjadi anggota DPR. Kali ini adalah dugaan para wakil rakyat menikmati uang negara melalui kunjungan kerja fiktif.

Dari temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terungkap adanya laporan pertanggungjawaban (Lpj) kunjungan kerja yang bermasalah dengan nominal mencapai Rp 945 miliar. Karenanya, banyak kalangan mendorong Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menindaklanjuti temuan BPK itu.

Namun, Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan mengatakan, pihaknya hingga saat ini  belum menerima hasil audit BPK soal kunker fiktif DPR.  “Belum terima hasil auditnya. Kita tunggu saja,” kata Basaria saat dihubungi, Sabtu (14/5).

Saat ditanya mengenai kesiapan KPK menindaklanjuti temuan BPK itu, Basaria hanya memberi jawaban singkat. “Sip,” tegasnya. ‎

Untuk diketahui, BPK menemukan potensi kerugian negara sebesar Rp 945 miliar dalam kunjungan kerja perseorangan yang dilakukan anggota DPR RI. Temuan itu pertama kali diungkap anggota DPR dari Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno.

Hendrawan mengakui, sejumlah anggota DPR selama ini banyak yang kurang serius membuat laporan pertanggungjawaban kunker ke daerah pemilihan. Ada pula anggota DPR yang hanya memercayakan kegiatan kunker ke tenaga ahli. Foto kegiatan yang sama sering digunakan berkali-kali dalam setiap laporan kunker. (put/jpg)‎

loading...
Click to comment
To Top