Ketua Komnas PA Ingatkan Orang Tua Untuk Pantau Perkembangan Anak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ketua Komnas PA Ingatkan Orang Tua Untuk Pantau Perkembangan Anak

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Belum selesai kasus pemerkosaaan berakhir dengan pembunuhan Yuyun di Bengkulu, muncul lagi kasus kekerasan seksual pada anak di Bogor, Lampung dan Surabaya.

Apa sih yang sebenarnya terjadi di negeri ini. Mengapa begitu banyak kasus sejenis, terlebih melibatkan mereka yang masih dibawah umur sebagai pelaku kejahatan yang masuk sebagai katergori kejahatan luar biasa itu.

Menurut Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait, kejahatan luar biasa ini tidak terlepas daripada gagalnya peran orang tua dalam mendidik anak-anaknya.

Karena ketika peran keluarga, dalam hal ini orang tua, tidak bisa memberikan pemahaman kepada anak, terlebih disaat informasi yang tanpa batas beredar melalui internet, tentunya akan menjerumuskan anak pada informasi yang salah.

“Keluarga adalah sebagai benteng utama, jadi pengaruh teknologi dan globalisasi tidak akan mempengaruhi pertumbuhan dan pemikiran anak,” kata Arist Merdeka Sirait saat dihubungi Jum’at (13/5) kemarin.

Oleh karena itu, lanjutnya, sudah waktunya pemerintah melakukan sosialisasi, mengajak setiap keluarga Indonesia, terutama para orang tua untuk senantiasa mengawasi perkembangan putra-putrinya.

“Sekarang bukan lagi waktunya berdebat, namun yang terpenting adalah cepat tanggap, keluarga harus diberdayakan bagaimana menangani perkara rumah tangganya masing-masing, pemberdayaan ini harus sudah dimulai tidak hanya di kota namun juga sampai ke desa-desa,” pungkasnya.

Click to comment
To Top