MUNAS! Pak Syharul YL Dinilai Berpeluang, Hmm.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

MUNAS! Pak Syharul YL Dinilai Berpeluang, Hmm..

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Jelang Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar, sejumlah pengamat memberikan prediksi siapa yang memiliki potensi meraih kemenangan dan menjadi Ketua Umum Partai Golkar.

Pakar politik Dosen Universitas Hasanuddin Makassar, Adi Suryadi Culla mengatakan, kondisi Munalsub semakin cair dengan melihat potensi terhadap 8 calon ketua umum (caketum) Partai Golkar. Dia memprediksi ada lima dari delapan caketum yang berpeluang menang, antara lain Syahrul Yasin Limpo, Ade Komaruddin (Akom) Setya Novanto (Setnov), Azis Syamsuddin dan Priyo Budi Santoso.

Dari 5 kandidat itu, menurut dia, masing-masing memiliki perwakilan dari dua kubu pasca konflik DPP Partai Golkar. “Seperti Pak Priyo itu dia merupakan kubu Agung Laksono.
Sedangkan Akom, Setnov dan Aziz bisa di bilang merupakan loyalis Aburizal Bakrie. Nah, pak Syahrul sendiri dianggap penyeimbang yang netral dan bisa diterima dua kubu itu sendiri,”ujar Suryadi Culla kepada pojoksulsel.com, (Group Fajar) Jumat (13/5/2016).

Kondisi Munalsub agak cair, lanjut Adi Suryadi Culla, artinya masih sulit diprediksi siapa yang unggul dari caketum. Dengan demikian, seluruh caketum tentunya sudah mengukur potensinya sehingga kemungkinan adanya koalisi.

“Kemungkinan aklamasi bisa terjadi. Tetapi pilihan pertama bisanya voting semua caketum yang memiliki pemilik suara dan terakhir mufakat. Nah, dua pilihan itu akan terbuka. Jika dilakukan voting maka akan mengerucut minimal 3 hingga 5 kandidat caketum yang punya suara.

Tapi, siapa pun yang menang, akan mendapatkan kemenangan tipis sebagai Ketum Golkar terpilih,” kata Suryadi Culla. (pjks/fajar)

To Top