Syukurlah.. Kemendes Siapkan Rp 67 Miliar untuk Bangun Pasar Kawasan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Syukurlah.. Kemendes Siapkan Rp 67 Miliar untuk Bangun Pasar Kawasan

FAJAR.CO.ID- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengalokasikan dana Rp 67 miliar untuk program pembangunan pasar kawasan di 45 kabupaten. Pembangunan yang dilakukan bisa dengan merevitalisasi pasar yang sudah ada dan membuat pasar baru.

“Dari total 45 kabupaten yang di bangun pasar kawasan. Jumlah anggaran sekitar Rp 67 miliar. Prosesnya ada yang membangun secara baru dan ada juga yang hanya diperbaiki,” kata Direktur Pembangunan Ekonomi Kawasan Perdesaan Kemendes Faizul Ishom kepada redaksi, Sabtu (14/5).

Dia menjelaskan, ada tiga ciri kawasan ekonomi perdesaan, yakni pasar terletak di jalan provinsi, serta pasar terletak di lokasi yang strategis dan meliputi beberapa desa yang berdekatan dan diharapkan menjadi pusat logistik antar desa.

“Ketiga, pasar memiliki segmentasi barang yang akan dijual antar desa/antar kabupaten/antar provinsi/antar negara,” beber Faizul.

Sementara, dari sisi pembangunan pasar kawasan pedesaan dibangun dengan konsep VIRA atau villages, industrial, and rest area, dan dikelola oleh BUMDes Bersama antar desa. Hal ini sebagai stimulan untuk menarik investor melakukan pengembangan bisnis di sekitar pasar kawasan pada lahan dan areal pengembangan yang masih kosong.

“Ini bisa melibatkan banyak pihak. Baik dari pihak swasta maupun BUMN melalui PKBL atau CSR-nya. Bisa mekanisme perjanjian tersendiri dengan BUMDes Bersama sebagai pengelola,” demikian Faizul.

Kemendes sendiri telah menjalin kerja sama dan koordinasi intensif antar instansi, termasuk dengan pihak swasta dan masyarakat. Sejumlah instansi yang sudah bekerja sama mendukung pasar kawasan diantaranya PT Pegadaian (Persero), PT BNI (Persero), PT Indosat, TNI/KODIM, Warung Rakyat, PT Pertamina (Persero), BP Migas (Persero), dan beberapa pihak lain. [wah]

Click to comment
To Top