Curhat Menteri Olahraga Rusia Soal Larangan Tampil di Olimpiade Rio – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Curhat Menteri Olahraga Rusia Soal Larangan Tampil di Olimpiade Rio

FAJAR.CO.ID – Menteri Olahraga Rusia, Vitaly Mutko dalam sebuah surat kepada Sunday Times mengutarakan perasaan malu dan penyesalannya terhadap lolosnya beberapa atlet Rusia dari dari sistem anti doping.

Seperti diketahui, Rusia telah dikenakan sangsi larangan tampil dari kompetisi internasional setelah laporan yang mengejutkan dari Badan Anti Doping Dunia.

Namun Vitaly Mutko berpendapat alangkah tidak adil dan tidak pantas bagi para atlet yang bersih dari zat terlarang harus terkena imbas larangan tampil di Olimpiade Rio.

Laporan Wada menggambarkan adanya budaya kecurangan yang sistematis yang disponsori negara kepada para atlet Rusia, bahkan juga melibatkan dinas rahasia.

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa Federasi Atletik Rusia, Badan Anti Doping Rusia, dan Federasi Atletik Rusia dinyatakan telah gagal menjalankan prosedur anti doping yang berlaku.

“Kami mengakui memiliki masalah di Rusia dan kami tengah melakukan segalanya untuk bersih dari doping, termasuk menghukum para atlet dan pelatih yang terbukti melanggar aturan, namun doping tidak hanya terjadi di Rusia, ini adalah masalah global,” tulis Mutko dalam pernyataan itu.

Karena itu ia berharap pada Olimpiade Rio ini, Rusia diberi kesempatan untuk ikut berkompetisi dengan sarat uji anti doping tiga lapis bagi para atletnya sebelum dinyatakan bersih dan mengantungi ijin bertanding.

“Mereka adalah pria dan wanita yang telah berkorban banyak dalam beberapa tahun terakhir untuk dapat berkompetisi dalam level tertinggi olahraga, yang bermimpi untuk ambil bagian dalam Olimpiade dan sekarang mereka diambang keputusasaan,” kata Mutko.

Ia juga menambahkan bahwa Rusia telah memberikan segala tuntutan yang diminta oleh Federasi Atletik Internasional, namun alangkah tidak adilnya ketika apa yang dipintakan kepada negara beruang putih itu dipenuhi, tidak serta merta melepaskannya dari jeratan hukuman.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top