Kata-kata Menteri Anies di Olimpiade Sains Bikin Semangat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Kata-kata Menteri Anies di Olimpiade Sains Bikin Semangat

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 akan dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, Senin (16/5). OSN diikuti ribuan siswa dari seluruh Indonesia mulai 16 sampai 21 Mei 2016.

Purwadi Sutanto selaku Direktur Pembinaan SMA mengungkapkan, anak-anak yang tampil pada OSN kali ini adalah yang terbaik dari provinsi masing-masing. Ajang OSN ini bukan hanya merupakan wahana unjuk prestasi, tapi juga bisa menjadi gambaran untuk pemetaan mutu pendidikan ke depan.

“Menjadi juara di tingkat kabupaten saja sudah menjadi sebuah kebanggaan anak, sekolah, dan daerahnya. Apalagi bila prestasi  tersebut berlanjut ke tingkat provinsi, bahkan nasional. Semoga OSN tahun ini pun akan menghasilkan siswa-siswa terbaik yang akan mengharumkan Indonesia di level internasional,” ujarnya, Minggu (15/5).

Tahun ini, maskot OSN berupa gajah Sumatera dengan atribut tanjak, dan kain tanjung. Hakikat maskot tersebut yaitu Tanjak yang merupakan semacam topi hiasan kepala khas Sumatera Selatan yang terbuat dari kain songket yang lazim dipakai oleh sultan dan pangeran serta bangsawan.

Gajah Sumatera merupakan binatang khas Sumatera. Gajah dirasa tepat untuk mewakili hewan pintar, dan cocok untuk dijadikan maskot OSN tahun ini. Kain tajung merupakan kerajinan khas Sumatera Selatan.

“Bapak Menteri akan membuka acara OSN ini secara resmi besok pagi di Palembang,” tandasnya. (esy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top