Obral Status Justice Collaborator, Ini Tanggapan KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Obral Status Justice Collaborator, Ini Tanggapan KPK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kritik menteri hukum dan hak asasi manusia (Menkum HAM) kepada penegak hukum soal pemberian label justice collaborator (JC) patut dicermati.

Belakangan ini penegak hukum memang mulai mudah memberikan label tersebut, termasuk KPK.

Selama enam bulan ini sudah ada enam tersangka kasus korupsi di KPK yang mendapat label JC. Yakni, M. Yagari Bhastara, Patrice Rio Capella, Gatot Pujo Nugroho, Evy Susanti, Rinelda Bandaso, dan terakhir M. Nazaruddin.

Yang menarik, tak semua penerima predikat itu sebenarnya memiliki kontribusi bekerja sama dengan penegak hukum. Yang paling mencolok ialah Patrice Rio Capella.

Sejak penyidikan hingga persidangan, Rio tak mengakui perbuatannya. Bahkan, sampai saat ini belum jelas pelaku yang lebih besar yang dia ungkap di balik peristiwa penyuapannya.

Direktur Eksekutif Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) Supriyadi Widodo Eddyono mengatakan, selama ini memang tak ada standar mengenai perhitungan kontribusi seseorang bisa ditetapkan sebagai pelaku yang bekerja sama.

Kabag Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha mengatakan, pihaknya tak serta-merta menetapkan seseorang sebagai justice collaborator. “Kami melihat kontribusi pelaku sejak penyidikan,” terang dia. (gun/c11/kim)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top