Resmi! Ketua Umum Golkar Dipilih Secara.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Resmi! Ketua Umum Golkar Dipilih Secara..

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua rapat pleno Munaslub Partai Golkar Nurdin Halid meluruskan bahwa pemilihan ketua umum diawali penjaringan calon diakukan secara langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber). Bukan terbuka atau tertutup seperti yang diperdebatkan.

Mekanisme Luber ini menurutnya telah diputuskan sebagai ketentuan pemilihan. “Kami tidak mengenal yang namanya tertutup terbuka, yang kita kenal itu adalah, pemilihan ketua umum dilaksanakan secara langsung umum bebas dan rahasia,” katanya di arena Munaslub, Bali, Minggu (15/5).

Ketentuan itu menurutnya disahkan dalam Pasal 25 ayat 1 tata tertib pemilihan. Makanannya, lanjut Nurdin, yang namanya rahasia maka tidak ada orang lain yang boleh melihat.

“Ini sejalan dengan konsep yang disiapkan SC. Panitia juga telah menyiapkan kertas suara, bilik (pencoblosan), sudah disiapkan,” jelasnya.

Mekanisme pemilihan ini sebelummya menjadi perdebatan. Sebab, ada upaya mengarahkan agar pemilihan dilakukan terbuka. Artinya, masing-masing voters akan diketahui siapa pilihannya.

Konsep ini semua calon, kecuali Setya Novanto. Sampai-sampai sampai mereka membuat pernyataan tertulis akan melawan bila pemilihan dipaksakan dengan sistem terbuka, tidak Luber.

Dengan telah ditetapkannya konsep pemilihan umum maka pertarungan delapan kandidat bisa dimulai besok, Senin (16/5). Tahap penjaringan, kandidat yang dinyatakan lolos sebagai calon dan masuk putaran berikutnya hanya yang mendapat dukungan minimal 30 persen pemilih.(fat/jpnn)

Click to comment
To Top