Serangan Islam State Tewaskan 29 Orang di Irak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Serangan Islam State Tewaskan 29 Orang di Irak

isis-cabang-libya-konvoi

FAJAR.CO.ID, BAGHDAD-  Rangkaian serangan yang dilakukan Islam State  terhadap pabrik gas alam dan target lain pada Minggu (15/5) di Baghdad menewaskan sedikitnya 29 orang.

Negara Islam Irak dan Kelompok Levant (ISIL, juga dikenal sebagai ISIS) melancarkan serangan pada pabrik gas alam milik pemerintah di utara Kota Baghdad menewaskan sedikitnya 14 orang. Sementara, serangkaian serangan bom lainnya di dekat ibu kota Irak itu menewaskan 15 orang.

Aljazeera melaporkan, serangan terhadap pabrik gas alam diawali saat fajar menyingsing dengan aksi seorang pengebom bunuh diri yang menghantam gerbang utama pabrik di Kota Taji. Selanjutnya beberapa pelaku bom bunuh diri dan pejuang masuk ke halaman pabrik membuat bentrokan dengan pasukan keamanan.

Di sisi lain, kelompok bersenjata memberikan sebuah pernyataan di media massa bahwa empat pejuang dengan senapan mesin telah membunuh para penjaga di pabrik. Ketika bala bantuan tiba, mereka meledakkan bom mobil yang sudah diparkir sebelum bentrok dengan pasukan keamanan terjadi untuk selanjutnya meledakkan rompi bunuh diri yang dikenakan.

Sementara, seorang juru bicara Komando Operasi Baghdad mengatakan, tiga fasilitas dari tempat penyimpanan gas dibakar sebelum pasukan keamanan mampu mengendalikan situasi.

Dalam pernyataannya kepada media internasional, Wakil Kementerian Perminyakan, Hamid Younis mengatakan, petugas pemadam kebakaran berhasil mengendalikan dan memadamkan api yang disebabkan oleh ledakan.
“Teknisi sedang memeriksa kerusakan,” ujar Younis.
Kementerian Listrik mengatakan, dua stasiun listrik telah menghentikan operasi untuk menyetop pasokan dari pabrik di Kota Taji. Tidak jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan aliran ke pembangkit listik.
Video yang disiarkan Al Hadath TV menunjukkan gumpalan bola api yang menjalar keluar pabrik. Seorang karyawan yang tinggal di dekatnya melaporkan kepada media terkait, setelah mendengar ledakan kuat ia melihat api dan asap hitam yang berasal dari dalam pabrik.

Puluhan polisi dan kendaraan militer segera berdatangan ke lokasi, tempat di mana terdengar suara tembakan yang berlangsung selama sekitar satu jam. [mic/wah/mrol/fajar] 

loading...
Click to comment
To Top