TKI Diperlakukan tak Manusiawi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

TKI Diperlakukan tak Manusiawi

FAJAR.CO.ID, PONTIANAK – Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Kabid Linjamsos) Dinas Sosial Kalimantan Barat Yuline prihatin dengan banyaknya TKI yang dideportasi pemerintah Malaysia.

Yang terbaru, sebanyak 74 TKI dideportasi dari Malaysia, Sabtu (14/5). Mereka dikumpulkan di halaman Dinas Sosial Kalbar Jalan Sutan Syahrir No. 3 Pontianak Kota, Kalimantan Barat.

“Bagus kalau mereka bisa datang dengan pakaian selai sepinggang. Kadang di sana mereka diperlakukan tidak manusiawi,” ujar Yuline sambil menggelengkan kepala.

“Sering kita lihat ada bekas cambuk di pinggang mereka. Kadang sakit lama nggak dibawa berobat. Mereka itu bukan lagi pembantu tapi jongos,” sambungnya.

Pemulangan TKI ini merupakan kali kelima sepanjang 2016. Setiap bulan Dinsos kedatangan TKI yang dideportasi. Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Povinsi Kalbar menyebutkan sudah 671 TKI bermasalah yang dipulangkan.

“Mereka datang, kami perlakukan secara manusiawi. Cepat-cepat kami urus. Karena mereka kan habis perjalanan jauh. Urusan makan kami dahulukan, meski seadanya,” jelas Yuline.(epy/jos/jpnn)

Click to comment
To Top