Kata Menteri, Gaji Ke-13 dan 14 Dicairkan Antara 6-7 Juli – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Kata Menteri, Gaji Ke-13 dan 14 Dicairkan Antara 6-7 Juli

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi di hadapan para pimpinan pemkot Surabaya di balai kota setelah upacara peringatan Hari Jadi Ke-70 Provinsi Jawa Timur kemarin

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi mengatakan gaji ke-13 dan 14 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2016 akan dicairkan sebelum Idul Fitri. Lebaran tahun ini diperkirakan antara tanggal 6 atau 7 Juli.

“Kira-kira (cair) sebelum Lebaran,” kata Yuddy di Jakarta, Selasa (17/6).

Yuddy menyebutkan bahwa gaji ke-14 merupakan tunjangan hari raya (THR), sedangkan dan gaji ke-13 digunakan untuk pembiayaan anak sekolah.

Pemberian gaji ke-13 dan ke-14 tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja sekaligus kesejahteraan aparatur sipil negara.

“Anak sekolah biasa masuk bulan Juli, dan Lebaran juga Juli. Jadinya ya sebelum Lebaran,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Gaji dan Tunjangan SDM Aparatur Kementerian PANRB, Hidayah Azmi Nasution, mengatakan THR merupakan pengganti dari kenaikan gaji PNS setiap tahunnya atau sering disebut gaji ke-14.

Namun besaran gaji ke-14 lebih kecil dari gaji ke-13, yaitu satu kali gaji pokok. Sedangkan gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, dan tunjangan lain, atau seperti penghasilan PNS yang biasa diterima setiap bulan. [rus]

loading...
Click to comment
To Top