Belum ada yang Menonjol, PDIP Tunggu Survei Kedua – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Belum ada yang Menonjol, PDIP Tunggu Survei Kedua

FAJAR.CO.ID, BANDARLAMPUNG – DPD PDI Perjuangan Lampung mulai melakukan pemetaan bakal calon kepala daerah (balonkada) untuk lima Pilkada 2017. Meski di tingkat survei masih kalah, sejumlah nama bisa saja muncul dan punya peluang direkomendasikan berdasarkan hasil survei kedua PDIP.

Ketua Badan Pemilihan Umum (Bappilu) DPD PDIP Lampung Suhardi Buyung mengatakan, sampai kemarin pihaknya masih menunggu hasil survei internal hingga akhir Mei.

’’Kami masih melihat hingga akhir Mei. Bagaimana tingkat naik turunnya popularitas masing-masing calon. Kan tidak bisa kita pakai hasil survei hanya yang awal,” ungkapnya seperti dikutip dari Radar Lampung (Jawa Pos Group), kemarin.

Dari pemetaan sementara dia mengatakan jika calon incumbent masing memiliki angka popularitas tinggi. Mengingat masyarakat sudah lebih dahulu mengenal calon tersebut.

“Kami tidak hanya melihat dari angka popularitas saja, elektabilitas dan pertimbangan lainnya. Jika hingga akhir Mei  nanti tidak ada perubahan, kemungkinan besar mereka yang akan kami usulkan,” jelasnya.

Buyung mencontohkan di pilkada Pringsewu. Menurut dia, calon incumbent Bupati Sujadi memang memiliki angka tertinggi dari hasil survei. Sementara diranking kedua diduduki oleh Sekretaris DPD I Partai Golkar Lampung Ririn Kuswantari. Jika melihat popularitasnya, kata dia, ada kemungkinan kedua nama itu yang akan diusulkan ke DPP.

“Namun meskipun begitu, kami melihat masih ada calon lain seperti Adrian Saputra (ketua DPC PDIP Lampung Utara, Red) dan Siti Rahma (pengusaha, Red) masih bisa muncul,” katanya.

Di Tulangbawang, sambung Buyung, calon incumbent bupati Hanan A. Rozak bersama pasangannya Heri Wardoyo juga dianggap paling unggul. Sedangkan kader mereka sendiri, Winarti secara popularitas berasa dibawah mereka.

Di Tulangbawang Barat, calon incumbent bupati Tubaba Umar Ahmad dan wabup Fauzi Hasan juga memiliki peluang untuk diusulkan karena masih diunggulkan.

Sementara daerah Lampung Barat, ujar Buyung, ketua DPC PDIP Lambar Parosil Mabsus lebih diunggulkan. Meskipun, eks ketua DPRD Lambar Dadang Supena, menduduki ranking kedua hasil survei PDIP. “Untuk Parosil lebih mengarah ke Mad Hasnurin Nasri (eks birokrat Tuba, Red) untuk menjadi pasangannya. Tapi kan tetap saja kami menunggu rekomnedasi dari DPP,” lanjutnya.

Untuk calon incumbent Mesuji Khamami, imbuh dia, juga masih dianggap unggul. Sehingga kemungkinan besar juga akan diusulkan ke DPP. Sedangkan incumbent Wabup Mesjui Ismail Ishak, menduduki posisi kedua hasil survei di bawah Khamami.

“Untuk Sapli, calon wakil yang ditunjuk berpasangan dengan Khamami kami belum bisa menilai. Sebab dalam survey pertama nama dia kan belum muncul. Maka dari itu kita tunggu hingga akhir Mei mendatang,” pungkasnya. (yay/c1/gus/ray/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top