Dukung Ekonomi Kreatif, Ventura Syariah Salurkan Rp 364 Miliar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Dukung Ekonomi Kreatif, Ventura Syariah Salurkan Rp 364 Miliar

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Industri kreatif menjadi pasar potensial bagi perusahaan pembiayaan, termasuk modal ventura. Pasalnya, pertumbuhan industri kreatif sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Kontribusinya pada produk domestik bruto (PDB) tahun lalu cukup tinggi hingga 7,5 persen. Tahun ini kontribusi industri kreatif terhadap perekonomian Indonesia diharapkan naik menjadi delapan persen.

Kepala Departemen Pengawas Industri Keuangan Nonbank (IKNB) 2B Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Juwanto menyatakan, IKNB syariah harus mampu berkontribusi pada perkembangan industri kreatif.

“Sampai Maret 2016, dana yang disalurkan modal ventura syariah kepada industri kreatif mencapai Rp 364 miliar. Itu dari 14 modal ventura syariah dari total 65 perusahaan modal ventura,” katanya kemarin.

Modal ventura syariah memang selalu didorong agar tidak kalah oleh modal ventura konvensional. Momen tumbuhnya kreativitas, teknologi, dan minat usaha dari anak muda yang sedang booming saat ini harus bisa dimanfaatkan.

Sebab, selama ini belum ada modal ventura syariah yang membiayai ataupun melakukan penyertaan saham kepada perusahaan industri kreatif dengan nama besar. (rin/jos/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top