Lihat Nih.. Pengen Dapet Ijazah, Nenek 81 Tahun Ikut UAS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Lihat Nih.. Pengen Dapet Ijazah, Nenek 81 Tahun Ikut UAS

Nenek-nenek-di-Banyumas-ikut-UAS-SD

FAJAR.CO.ID, BANYUMAS – Tak ada batasa usia bagi orang yang mau menuntut ilmu. Demikian juga untuk memperoleh pengakuan dalam bentuk ijazah di jenjang pendidikan tertentu.

Ini dibuktikan oleh 12 nenek-nenek yang tengah ikut Ujian Akhir Sekolah (UAS) SD  di Banyumas, Jawa Tengah.

Beberapa di antara mereka sudah berusia 81 tahun. Tapi lagi-lagi, usia bukan hambatan, mereka dengan tekun mengerjakan soal ujian akhir sekolah (UAS). Menariknya, para nenek ini juga ditunggui cucu-cucu mereka saat mengerjakan soal ujian.

UAS SD yang mereka ikuti dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar Kalibagor, Kabupaten Banyumas, diikuti oleh 17 siswa. Jika diperhatikan, nenek-nenek yang usianya mulai dari 60 hingga 81 tahun ini lebih bersemangat dan tekun dibanding lima peserta lainnya yang masih muda.

Karsini misalnya, meski sudah berusia 81 tahun, justru terlihat paling serius dan teliti dalam mengerjakan soal ujian mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Demikian juga dengan Kasiwen. Kedua nenek ini juga ditunggui cucu-cucu mereka yang sesekali mengajak ngobrol neneknya yang sedang mengikuti ujian tersebut.

Karsini mengaku mempersiapkan diri menghadapi ujian dengan mengerjakan soal-soal try out dan bertanya kepada anak cucunya. Wanita tujuh cucu ini mengaku mengikuti ujian agar bisa belajar lagi seperti saat dia masih muda.

“Saya malah nggak paham mata pelajaran apa, bagi saya semua sulit karena sudah lama tidak tahu pelajaran. Saya sendiri hanya persiapan mengerjakan soal latihan dibantu cucu,” kata Karsini.

Menurut Ketua Penyelenggara Ujian di SKB Kalibagor, Sugirahayu, meski tergolong usia renta, semangat nenek ini patut ditiru. Pasalnya, ujian kesetaraan tingkat sekolah dasar ini justru bisa memacu anak cucu mereka untuk meniru semangat belajarnya. Di wilayah Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas sendiri masih banyak terdapat warga yang belum lulus sekolah dasar.

“Di sini ada 17 orang yang mengikuti ujian di antaranya yang tertua berumur 81 tahun. Setidaknya ini bisa memotivasi warga sekitar agar tidak malas belajar,” ujar Sugirahayu. (rfa/ril/PSpjk1/fajar)

 

loading...
Click to comment
To Top