Menteri Perindustrian Tantang Sharp Ekspor Produk dari Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Menteri Perindustrian Tantang Sharp Ekspor Produk dari Indonesia

FAJAR.CO.ID, KARAWANG – Menteri Perindustrian Saleh Husin, berharap diresmikannya pabrik TV LED Sharp Indonesia dapat memberi manfaat kepada perekonomian nasional. Dia meminta Sharp Indonesia harus mampu mengekspor produknya dari Indonesia ke berbagai negara terutama ASEAN.

“Dalam era pasar bebas ASEAN, Indonesia harus mampu menjadi basis produksi untuk negara ASEAN lainnya. Pabrik baru ini merupakan titik awal untuk Sharp Indonesia untuk mengembangkan produksinya keluar, tidak hanya dalam negeri saja,” ujar Saleh di lokas pabrik TV LED Sharp, Karawang, Jawa Barat, Rabu (18/5).

Saleh juga meminta agar persentase total komponen dalam negeri (TKDN) dalam TV LED Sharp ditingkatkan sampai 40 persen. Karena sampai saat ini sebagian besar bahan baku dan komponen masih mengimpor dari Jepang.

“Dengan berdirinya pabrik yang baru ini kami mengharapkan Sharp Indonesia bisa mengembangkan konten lokal dan komponen TV LED mencapai 40 persen,” tambah Saleh.

Untuk mencapai hal tersebut, Presdir PT Sharp Electronics Indonesia Fumihiro Irie sudah menyiapkan beberapa langkah. Di antaranya menargetkan produksi 720 ribu unit per tahun dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 1.856 orang.

“Produksi setiap tahun semakin meningkat dan Indonesia merupakan pangsa pasar ke 4 tertinggi di dunia, setelah Jepang, Tiongkok, dan Amerika Serikat. Semoga pabrik baru ini mampu meningkatkan produksi yang lebih besar dan menyerap tenaga kerja lebih banyak agar ekspor keluar bisa tercapai,” pungkas Irie.(mg5/JPNN)

To Top