Gerindra Sebut Belum Saatnya Soeharto Diusul jadi Pahlawan Nasional – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Gerindra Sebut Belum Saatnya Soeharto Diusul jadi Pahlawan Nasional

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menganggapi usulan Golkar yang menginginkan mantan Presiden Soeharto menjadi pahlawan nasional.

Menurut Ahmad, memang sah-sah saja jika Golkar mengusung mantan pembentuk partai beringin itu untuk diberi gelar pahlawan nasional. Hanya saja, harus menghitung kontribusi pria yang akrab disapa Pak Harto itu bagi bangsa Indonesia.

Usulan tersebut dinilai masih terlalu dini. “Untuk sekarang, mungkin belum sesuatu yang penting menjadikan seseorang sebagai pahlawan,” ujarnya di kawasan Foodtopia, Jakarta Selatan, Sabtu (21/5).

Selama ini, lanjut dia, masih banyak pejuang yang sudah puluhan bahkan ratusan tahun meninggal karena membela kepentingan bangsa, tapi belum juga diberikan gelar pahlawan.

Pak Harto sendiri baru beberapa tahun meninggal. Karena itu, Ahmad mengimbau agar usulan tersebut menjadi proses dan menimbulkan pro dan kontra. Ini supaya masyarakat bisa melihatnya lebih saksama dan lebih bijaksana, apakah sudah saatnya presiden kedua Indonesia itu ditetapkan sebagai pahlawan nasional atau belum.

Dia menambahkan, seharusnya pemerintah membuat sebuah sistem yang lebih baik dan adil. Sistem tersebut nantinya yang akan mencermati dan menggali siapa pejuang-pejuang bangsa yang layak diberikan gelar pahlawan nasional.

Namun, katanya lagi, Gerindra tetap menghormati apa yang menjadi harapan Golkar dalam berjuang mengusung Soeharto menjadi pahlawan nasional. “Saya kira ini perlu dipertimbangkan secara baik dan matang,” tandas Wakil Ketua Komisi II DPR itu. (uya/JPG)

loading...
Click to comment
To Top