Lion Air Tunda 217 Penerbangan, KPPU Cium Motif Terselubung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Lion Air Tunda 217 Penerbangan, KPPU Cium Motif Terselubung

lion air

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Polemik penundaan penerbangan Lion Air di sejumlah slot penerbangannya mendapatkan reaksi dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). 

Timing dan jumlah slot penundaan yang begitu besar menjadi alasan KPPU berencana memanggil manajemen maskapai tersebut. Ketua KPPU Syarkawi Rauf menuturkan, langkah lembaganya dilakukan untuk memastikan Lion Air tidak memanfaatkan posisi dominannya. 

Seperti diketahui, Lion Air menjadi operator yang menguasai penerbangan domestik di tanah air. Dengan adanya penundaan itu, dikhawatirkan akan tercipta kelangkaan suplai. 

“Menurut undang-undang antimonopoli dan persaingan usaha, itu tidak diperbolehkan,” tuturnya kepada Jawa Pos kemarin (21/5). 

Sebab, lanjut dia, kondisi tersebut bisa mengerek harga tiket hingga posisi puncak. Dia berharap itu bukan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. “Tentu ini tidak kita inginkan. Karena itu, kami akan panggil untuk mendapat keterangan detailnya,” ungkap dia. 

Lion Air memutuskan untuk menunda menerbangi 217 slot penerbangan di 95 rute domestik. Bukan hanya itu, ada 10 slot penerbangan di 2 rute internasional yang tak akan diterbangi selama sebulan ke depan.

Syarkawi melanjutkan, pihaknya pun akan melakukan penyelidikan terkait low season yang dijadikan alasan. Menurut dia, hal tersebut perlu dibuktikan. Tim KPPU berencana menyambangi bandara untuk melihat jumlah penumpang saat ini. 

Dia mengatakan, bila dalam perkembangannya ditemukan hal-hal yang melanggar ketentuan, KPPU tidak akan segan-segan membawa kasus tersebut untuk disidangkan. 

“Jika memang terbukti, tentu akan dikenakan sanksi. Sanksinya bisa administratif atau maksimal denda Rp 25 miliar,” paparnya. (mia/c10/sof)

loading...
Click to comment
To Top