Tiap Akhir Pekan, Facebook Diblokir – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Tiap Akhir Pekan, Facebook Diblokir

FAJAR.CO.ID – Vietnam membuat kebijakan yang cukup kontroversial. Mereka memblokir penggunaan media sosial Facebook setiap akhir pekan. Alasannya karena medsos Mark Zuckerberg itu dinilai menjadi alat memprovokasi massa yang suka menggelar demonstrasi.

Dilansir dari laman digitaltrends, Minggu (22/5), pemblokiran ini dipicu dari aksi demonstrasi aktivis peduli lingkungan. Mereka memprotes pembuangan limbah oleh perusahaan asal Taiwan. Pemrakarsa aksi juga melancarkan ajakan massif untuk turun ke jalan melalui facebook.

Ajakan ini berhasil. Warga Vietnam turun aksi mengecam pemilik pabrik dan pemerintah Vietnam yang dinilai tidak tegas. Pihak pabrik membantah telah membuang limbah. Sementara pemerintah berdalih ikan-ikan sungai mati karena ganggang beracun dan bukan limbah pabrik.

Tak ingin protes sejenis kembali memanfaatkan media sosial, pemerintah Vietnam pun memblokir Facebook tiap akhir pekan. Meski tidak ada dalil dasar yang menyatakan keterkaitan antara media sosial dengan demonstrasi anti pemerintah.

Hingga kini tidak ada informasi resmi yang dikeluarkan pemerintah Vietnam terkait kebijakannya itu. Namun protes sudah banyak dikeluarkan masyarakat yang tidak bisa mengakses media sosial populer itu.

Pemblokiran media sosial untuk membungkam suara publik, bukan hanya terjadi di Vietnam. Sebelumnya juga terjadi di Mesir dan Iran. Alasannya mulai dari faktor keamanan hingga meredam pemberontakan. (afz/jpg)

To Top