Habis Bertemu Shah Rukh Khan, Bos Apple Lobi Perdana Menteri India – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Habis Bertemu Shah Rukh Khan, Bos Apple Lobi Perdana Menteri India

FAJAR.CO.ID, MUMBAI – India menjadi pasar empuk bagi perusahaan-perusahaan teknologi, salah satunya adalah penguasa pasar smartphone, Apple.

Tim Cook adalah CEO pertama Apple yang menginjakkan kaki di negara yang terkenal dengan film Bollywood-nya tersebut. Karena itu, Tim Cook memanfaatkan betul momen bersejarah perusahaannya tersebut dengan mendatangi satu per satu tokoh India. Mulai aktor Bollywood paling terkenal, Shah Rukh Khan, hingga Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi.

Kunjungan itu merupakan bagian dari tur Asia oleh Apple untuk memperluas pangsa pasar. Pada hari pertama kunjungannya, Cook mengunjungi kuil Siddhivinayak di Mumbai. Di sana dia ditemani Kepala Apple India yang baru, Sanjay Kaul.

Selain bertemu dengan sejumlah pemimpin bisnis besar di India, Cook dilaporkan menghadiri jamuan makan malam yang diadakan Shah Rukh Khan di Bandra, Mumbai.

Masih dalam kunjungannya, Cook mengadakan pertemuan dengan Kepala Menteri Maharashtra Devendra Fadnavi. Maharashtra adalah kota yang bakal menjadi tempat Apple membuka Apple Store perdananya di India. Pada hari terakhir kunjungannya, Sabtu (21/5), Cook menemui PM India Narendra Modi.

Rencana Cook untuk melakukan ekspansi di India tampaknya bakal mulus. Maklum saja, PM Modi yang terkenal senang selfie itu memang merupakan penggemar iPhone. Dia kerap berfoto dengan menggunakan iPhone berwarna emas miliknya. ’’Cook berbicara tentang kemungkinan membuka pabrik dan toko di India,’’ ujar pernyataan yang dirilis oleh kantor Modi.

Kepada PM Modi, Cook mengungkapkan rencananya untuk pangsa pasar di India. Termasuk di antaranya membangun gedung baru serta menjual iPhone bekas yang masih layak pakai di India. ’’Dengan begitu, penduduk India bisa memiliki iPhone dengan harga terjangkau,’’ tuturnya.

Cook juga berencana meningkatkan layanan agar lebih banyak penduduk yang tertarik. Layanan berbayar milik Apple seperti Apple Pay masih belum berfungsi di India. Apple saat ini juga melobi untuk mempercepat peluncuran jaringan 4G di seluruh India. Dengan begitu, beberapa layanan Apple bisa digunakan.

“Banyak penduduk yang saat ini tidak bisa melakukan hal sederhana seperti melihat video dari telepon mereka. Dalam beberapa bulan ke depan, mereka bakal bisa melakukannya,’’ ungkap Cook. (afp/reuters/recode/sha/c20/kim/adk/jpnn)

Click to comment
To Top