Ini Jadwal Eksekusi Mati Tahap Tiga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Ini Jadwal Eksekusi Mati Tahap Tiga

FAJAR.CO.ID, Eksekusi mati tahap ketiga dikabarkan melibatkan para terpidana gembong narkoba. Kemungkinan besar pelaksanaan bakal dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri pada Juli mendatang.

Setelah itu, baru akan dilaksanakan eksekusi tahap empat yang melibatkan terpidana kasus kriminal umum. Kabarnya, salah satu nama dari Bali yang masuk daftar adalah I Putu Suaka alias Keteg alias dukun cetik.

Dia adalah terpidana kasus pembunuhan sadis terhadap satu keluarga anggota Polri dengan menggunakan potassium sianida.

Korbannya adalah Aiptu Komang Alit Srinatha bersama anak istrinya. Kejadiannya berlangsung di Dusun Gamongan, Tiying Tali, Abang, Karangasem, pada 29 Januari 2008 silam.

Kabar eksekusi si dukun cetik ini juga diakui penasihat hukumnya, Made Ruspita. “Ya kemungkinan besar bulan Juli atau Agustus 2016,” ujar Made Ruspita dikutip dari Radarbali.jawapos.com, Selasa (24/5).

Hanya saja sejauh ini Ruspita mengaku belum menerima surat pemberitahuan soal kepastian eksekusi tersebut.

Kalau surat pemberitahuan dari Kajari belum saya terima, hanya informasinya usai Lebaran,” kataya.

Menurut Ruspita, secara psikologis Putu Suaka sudah siap dieksekusi mati. Hal itu diakui setelah sempat melakukan komunikasi dengan yang bersangkutan.

Kondisi kejiwaan pembunuh sadis tersebut cukup stabil. “Kalau dari sisi kejiwaan dan sempat saya berkomunikasi yan bersangkutan sudah siap, tidak ada masalah (dieksekusi),” ujarnya.

Saat ditanya apakah ada kemungkinan kliennya di ekskusi bersama dengan terpidana narkoba tahap tiga, Ruspita menjawab mungkin saja.

Tapi, kata dia, kemungkinan itu kecil. Pasalnya, eksekusi mati napi narkoba ada anggaran khusus. Sementara eksekusi mati kasus lainnya tidak ada anggaranya. (tra/mus/fab/JPG)

Click to comment
To Top