Perantara FIFA dengan Pemerintah Indonesia Resmi Dipecat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Perantara FIFA dengan Pemerintah Indonesia Resmi Dipecat

FAJAR.CO.ID – Induk Organisasi Sepak Bola Dunia (FIFA) resmi memecat sosok yang cukup berjasa dalam upaya pencabutan sanksi Indonesia, Markus Kattner, dari jabatannya sebagai Deputi Sekretaris Jenderal.

Kattner merupakan salah satu perantara FIFA dengan Pemerintah Indonesia dalam hal ini Menpora Imam Nahrawi, pada suratnya tanggal 11 Maret 2016 hingga menandatangani surat pencabutan sanksi usai Kongres di Meksiko, 12 Mei lalu.

Keputusan FIFA memecat Kattner karena diduga terlibat penyalahgunaan wewenang, dalam kasus yang berbeda. Pria asal Jerman itu diduga mengetahui skandal korupsi yang melibatkan eks Presiden FIFA, Sepp Blatter, dan Sekjen kala itu, Jerome Valcke.

“Deputi Sekretaris Jenderal FIFA, Markus Kattner, telah dicopot dari posisinya. Investigasi internal FIFA menemukan bahwa dirinya melanggar tanggung jawab yang berhubungan dengan kontrak kerjanya,” tulis pernyataan FIFA.

Kattner juga diduga tahu seluk-beluk kasus yang mencoreng nama Blatter dan Presiden UEFA sebelumnya, Michel Platini. Keduanya terbukti terlibat pelanggaran dan mendapat sanksi larangan aktif di sepak bola selama masing-masing enam dan empat tahun.

Sementara hukuman untuk Kattner, FIFA belum memberikan pernyataan resmi. Sejak bergabung dengan FIFA pada 2003 sebagai Direktur Finansial, kariernya menanjak cukup pesat.

Ketika Valcke terbukti melakukan banyak penyelewengan dan disanksi 12 tahun, Kattner didapuk jadi Plt. Sekjen FIFA. Namun pada Kongres FIFA di Meksiko, Presiden Gianni Infantino menunjuk Fatma Samba Diouf Samoura sebagai Sekjen anyar.

Hasil investigasi untuk Kattner jelas mencoreng nama FIFA. Padahal, mereka sedang berupaya keras mengambil kembali kepercayaan masyarakat sepak bola dunia beserta beberapa sponsor yang sempat menarik dukungan. (feb/JPG)

To Top