Ooii..! Ombudsman Sulsel Temukan Pungli di Sekolah Rp 2,4 Juta Persiswa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Ooii..! Ombudsman Sulsel Temukan Pungli di Sekolah Rp 2,4 Juta Persiswa

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Ombudsman RI perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) menemukan sekolah di Kota Makassar yang melakukan pungutan liar (pungli) dengan meminta kepada orangtua siswa sebesar Rp2,4 juta per siswa.

Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sulsel Subhan mengatakan, menjelang penerimaan siswa baru, pihaknya meminta kepada Walikota Makassar Danny Pomanto untuk mengantisipasi adanya Pungli yang di sekolah.

“Konsentrasi kita sekarang adalah di pendidikan. Apalagi ini mau penerimaan siswa, yang tradisinya selalu ada pungutan yang diminta oleh sekolah kepada siswa baru,” ujar Subhan kepadapojoksulsel.com (Fajar Group), saat ditemui usai bertemu Walikota Makassar Danny Pomanto di Kantor Balaikota Makassar, Selasa (24/5/2016).

Subhan meminta kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar untuk benar-benar mengawasi sekolah agar tidak terjadi Pungli. “Disdik harusnya mengawasi. Tapi kenyataannya, sering oknum Disdik ternyata berada di balik pungli yang dilakukan sekolah,” ungkap Subhan.

Ia mengungkapkan pihaknya menemukan  sekolah di Makassar yang melakukan Pungli dengan meminta kepada orangtua siswa sebesar Rp 2,4 juta.

“Kita temukan bahkan sekolah itu sudah memberikan warning kepada orangtua siswanya tanggal 20 Mei kemarin akhir pembayaran sebesar Rp 2,4 juta. Kita tidak bisa sebutkan dulu nama sekolahnya, karena sekolah itu sudah mengaku bersalah,” papar Subhan

Sementara itu, Walikota Makassar Danny Pomanto meminta kepada Ombudsman untuk terus mengawasl Satua Kerja Perangkat Daerah (SKPD), khususnya Sekolah yang melakukan pungli. “Tidak boleh ada pungli di sekolah, kalau sumbangan sukarela itu boleh,” tegasnya. (ihwan /pjksulsel/fajar)

Click to comment
To Top