Ingat! Anggota DPR yang Nyalon Pilkada, Wajib Mundur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Ingat! Anggota DPR yang Nyalon Pilkada, Wajib Mundur

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz mengatakan, politisi Senayan harusnya tidak takut mundur dari jabatannya karena kursi tersebut milik partai politik.

“Pencalonan anggota DPR apakah cukup cuti atau berhenti jadi hal yang krusial. Itu yang sekarang tidak selesai. Selesai atau tidak sebenarnya hanya soal kesepakatan mereka, tapi karena ada yang punya kepentingan maka jadi berlarut-larut,” ujarnya di Jakarta, Kamis (26/5). Seperti dilansir Rmol (Jawapos Group/fajar)

Sebab itu, JPPR meminta Komisi II DPR segera mengesahkan revisi Undang-Undang Nomor 8/2015 tentang Pilkada, serta memutuskan agar anggota dewan yang maju dalam pilkada mundur dari jabatannya.

Hafidz menjelaskan, anggota DPR harus mundur karena berkaitan dengan upaya penguatan dan konsolidasi partai politik yang mengusulkan Pemilu sistem tertutup sebagai bagian untuk memperkuat parpol. Jika Parpol adalah peserta Pemilu yang memiliki kursi di parlemen maka seharusnya tidak ada masalah bagi anggota DPR untuk mundur dari jabatannya karena pemilik kursi di parlemen adalah parpol.

“Kursi itu milik parpol bukan milik anggota DPR. Jika ada yang menghendaki tidak mundur maka itu kepentingan pribadi. Kalau anggotanya mundur sudah pasti kursinya akan ditempati anggota lain,” demikian Hafidz.

Diketahui, hingga saat ini, Komisi II bersama pemerintah masih menyamakan persepsi dalam poin-poin revisi UU Pilkada. Salah satunya aturan mengenai keharusan anggota DPR mundur apabila maju dalam kontestasi pilkada. [wah/Rmol/fajar]

To Top