Arief Yahya, Menteri yang Terus Berinovasi  – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Budaya & Pariwisata

Arief Yahya, Menteri yang Terus Berinovasi 

Menpar-Arief-Yahya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Penghargaan Menteri Paling Inovatif 2016 kepada Dr Ir Arief Yahya MSc, Menteri Pariwisata RI oleh iNews TV di Studio Kebon Jeruk, Selasa, 24 Mei 2016, bukan award yang pertama dari media. Sebelumnya juga didaulat menerima tanda prestasi dari RMol atau Rakyat Merdeka On Line sebagai Tokoh Demokrasi 2016. Lalu Majalah BUMN Track sebagai tokoh Inspiratif BUMN 2016 karena kebijakan dan langkah strategisnya menginspirasi orang lain dan pelaku bisnis pariwisata.

Juga Man Obsession 2016 sebagai menteri yang paling perform dalam satu tahun kabinet kerja pemerintahan Presiden Jokowi dan JK itu. Terlepas dari bagaimana redaksi media mengumpulkan data dan fakta kinerja Menpar Arief Yahya, mengucapkan terima kasih atas penghargaan itu. Baginya, penghargaan lebih sebagai pertaruhan reputasi yang harus dijaga dengan konsisten. Inovasi dan invensi dua hal yang berbeda. Dua-duanya berbasis pada perubahan, penemuan. Kalau invensi itu betul-betul baru dan belum pernah ada. Kalau inovasi modifikasi dari yang ada menjadi sesuatu yang baru.

“Ujung dari inovasi adalah pertumbuhan jumlah wisatawan yang berkelanjutan. Pariwisata menjadi penyumbang devisa paling besar, dan menjadi tulang pungung kesejahteraan masyarakat. Suasana itu tidak biasa diciptakan dengan cara yang biasa. Untuk mendapatkan hasil yang luar biasa, harus menggunakan cara yang tidak biasa! Itulah inovasi,” jelas Arief Yahya.

Inovasi terbaru di pemasaran, dengan Digital Marketplace, sebuah platform untuk membuka pasar lebih lebar, lebih luas, lebih terbuka melalui digital. Pasar itu dibuatkan, dan kumpul di situ, sehingga semua paket, apa saja ke berbagai destinasi pariwisata Indonesia, tersedia dengan baik. Juli 2016 sudah mulai diuji coba dan Agustus 2016 mulai running.

Selain Menpar Arief Yahya, ada tujuh pemberian apresiasi kepada tokoh-tokoh di pemerintahan dan universitas, antara lain, apresiasi untuk tokoh yang aktif memerangi kekerasan anak, kementerian layanan khusus publik, menteri paling inovatif, menteri inisiator teknologi, bupati yang berpihak pada ekonomi kerakyatan, walikota yang mendorong peningkatan infrastruktur dalam rangka kesejahteraan daerah dan universitas berprestasi berbasis IT.

Berikut ini daftar lengkap pemenang Penghargaan dan Apresiasi yang diberikan kepada 14 tokoh.
Penghargaan:
1.Kategori Sosial Kemasyarakatan diraih Chanee Kalawee
2. Kategori Olahraga diraih Rio Haryanto (diwakili Indah Pennywati)
3. Kategori Tokoh Fenomenal diraih Menteri Perhubungan Ignasius Jonan
4. Kategori Selebriti diraih Joey Alexander (tidak hadir)
5. Kategori Pejabat Publik diraih Menko Kemaritiman dan Sumberdaya Rizal Ramli
6. Kategori Profesional diraih Enny Sri Hartati
7. Kategori Lifetime Achievement diraih Pakar Vulkanologi dan Geofisika Dr. Surono

Apresiasi.
1. Apresiasi Tokoh Aktif Memerangi Kekerasan Anak diraih Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa
2. Apresiasi Kategori Kementerian Layanan Khusus untuk publik diraih Menteri Koordinator Hukum dan HAM Yasonna Laoly
3. Apresiasi Menteri Inovatif diraih Menteri Pariwisata Arief Yahya
4. Apresiasi Menteri Inisiator Inovasi Teknologi mendukung program hilirisasi dan komersialisasi hasil-hasil penelitian diraih Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Natsir, diwakili Sesmen Kemristek Dikti Ainun Naim
5. Apresiasi untuk Bupati yang berpihak pada Ekonomi Kerakyatan diraih Bupati Tabanan Ni Putu Eka
6. Apresiasi untuk Walikota yang mendorong peningkatan pengembangan infrastruktur dalam rangka kesejahteraan rakyat diraih Walikota Semarang Hendrar Prihardi
7. Apresiasi untuk Universitas berprestasi berbasis IT diraih Universitas Gunadarma. (*)

loading...
Click to comment
To Top