Di Pantai Liang, Menag Digoyang Bambu Gila, Seru! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Di Pantai Liang, Menag Digoyang Bambu Gila, Seru!

30904_49211_menag ambon

FAJAR.CO.ID, AMBON- Menteri Agama Republik Indonesia (RI) Lukman Hakim Syaifuddin cukup menikmati kunjungannya ke Ambon, Maluku.

Usai melakukan pembukaan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) II di Pantai Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (25/5), orang nomor satu di Kementerian Agama ini terlihat tertarik dengan atraksi tradisional khas Maluku yakni Bambu Gila.

Sebagaimana dilansir dari Rakyatmaluku.com (Grup Jawa Pos), Lukman pun turun gelanggang ingin merasakan keunikan permainan Bambu Gila yang cukup erat kaitannya dengan nuansa mistis.

Bagaimana tidak, sebilah bambu dengan panjang sekitar 3 meter bisa mempermainkan orang-orang yang memegangnya. Dibawa kesana kemari sesuai kehendak seorang pawang yang mengandalikannya, meski para pemain telah memegang erat bambu tersebut.

Selain Menag Lukman Hakim, turut serta Wakil Ketua Kwartir Nasional, Marbawi. Keduanya bersama-sama para pemuda Liang memainkan permainan tradisional yang sudah ada sejak dahulu kala itu.

Dipandu dengan pemukulan tifa (alat musik pukul) dan dikawal oleh pawang yang bertugas membakar kemenyan menggunakan wadah tempurung kelapa, atraksi pun pun berlangsung.

Partisipasi Menag Lukman Hakim dan Wakil Ketua Kwarnas, Marbawi menjadi hiburan tersendiri bagi para tamu serta peserta PPMN II dan juga warga setempat.

Gubernur Maluku Said Assagaff, mewakili seluruh masyarakat Maluku menyampaikan apresiasi kepada Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin yang telah mempercayai dan menetapkan Maluku sebagai lokasi pelaksanaan PPMN II tingkat penggalang tahun 2016.(cik/sad/JPG/fajar)

loading...
Click to comment
To Top