Fraksi Golkar tak Setuju Minuman Alkohol Dilarang Total – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Fraksi Golkar tak Setuju Minuman Alkohol Dilarang Total

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Golkar menawarkan judul alternatif terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Minuman Berlakohol. Yakni, cukup dengan sebutan RUU Minuman Beralkohol (Minol).

“Kami usulkan tidak usah ekstrim ke kanan dan ke kiri. Ambil jalan tengah. Judul netral, RUU Minol,” ujar Anggota Panitia Kerja (Panja) Minol Fraksi Golkar Noor Achmad di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/5).

Dengan judul tersebut, menurutnya sudah mencakup larangan dan pengecualian terhadap Minol. “Kalau judulnya sudah melarang, orang baru mau bahas sudah terhantui itu dilarang,” sebut dia.

Ya, ‎Fraksi Golkar tidak menyetujui jika Minol dilarang total. Sebab, ada kelompok tertentu yang masih bersahabat. Misalnya, ritual keagamaan dan untuk kepentingan pariwisata. Karena itu, menurut pihaknya, minol cukup dikendalikan.

“Produksi dengan pembatasan kadar. Minol harus dibatasi betul peredarannya. Pelarangan total tidak mungkin,” sambung Noor.

Nyatanya, dalam draf yang diajukan pemerintah, di dalamnya mengatur tentang tiga substansi itu. Yakni, pelarangan, pengendalian, dan pengawasan.

“Oleh karena itu, sekalian saja dieskplesitkan judulnya. Tinggal presentase pelarangan dan pengendaliannya saja seperti apa,” pungkas anggota komisu X DPR itu. (dna/JPG/fajar)

loading...
Click to comment
To Top