KPK Sita Mobil Milik Hakim Tipikor Bengkulu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

KPK Sita Mobil Milik Hakim Tipikor Bengkulu

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita mobil milik Ketua Pengadilan Negeri Kepahiang Janner Purba. Penyitaan itu terkait penyidikan dugaan suap pengurusan perkara dugaan korupsi di Pengadilan Negeri Bengkulu.

“Hari ini penyidik menyita dua mobil masing-masing-masing satu unit mobil Toyota Fortuner milik tersangka JP dan satu unit mobil Toyota Yaris milik tersangka SS (mantan Kepala Bagian Keuangan RS Muhammad Yunus, Syafri Syafii),” kata Juru Bicara KPK Yuyuk Andriati saat dikonfirmasi, Jumat (27/5).

Yuyuk mengatakan, saat ini dua mobil tersebut dititipkan di Polda Bengkulu.

Sebelumnya, KPK menggeledah delapan lokasi berbeda di Bengkulu. Yaitu, kantor Pengadilan Tipikor Bengkulu, kantor Pengadilan Kepahiang, rumah dinas Ketua PN Kepahiang Janner Purba, dan rumah Hakim Ad hoc Pengadilan Tipikor Bengkulu Toton.

Dari penggeledahan itu, penyidik menyita uang sebesar Rp 500 juta dari rumah dinas Janner Purba.

Setelah itu, penggeledahan dilanjutkan di rumah Panitera Pengadilan Tipikor Bengkulu Badaruddin Amsori Bachsin. Yuyuk mengatakan, penggeledahan akan dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi-saksi. “Selesai agenda penggeledahan, tim penyidik kembali ke Jakarta. Pemeriksaan saksi-saksi terkait kasus ini akan dilakukan di Jakarta pada pekan depan,” pungkasnya.

Dalam perkara ini, Janner dan Toton diduga menerima suap dari Syafri Syafii dan Edi Santroni melalui perantara Panitera PN Bengkulu Badaruddin Amsori Bachsin. Penetapan tersangka itu menyusul operasi tangkap tangan (OTT) pada 23 Mei 2016. ‎

Suap itu diduga terkait kasus dugaan korupsi ‎penyalahgunaan honor dewan pembina RSUD M Yunus Bengkulu yang sedang disidangkan di PN Bengkulu. Di mana, Syafri Syafii dan Edi Santroni merupakan terdakwa dalam kasus tersebut. ‎Kini, kelimanya telah ditahan di rutan yang berbeda-beda untuk 20 hari pertama. (put/jpg)‎

loading...
Click to comment
To Top