Tiga Polisi Mangkir dari Panggilan KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Tiga Polisi Mangkir dari Panggilan KPK

kpk

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tiga anggota Polri, Fauzi Hadi Nugroho, Andi Yulianto, dan Dwianto Budiawan mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (27/5). Ketiganya dipanggil untuk bersaksi terkait kasus suap pengajuan peninjauan kembali (PK)‎ di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Menanggapi itu, Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli menyesali sikap ketiga anggotanya itu.‎ Namun, secara institusi, menurut Boy, pihaknya akan mendukung KPK menghadirkan ketiga saksi tersebut. “Prinsipnya dalam penegakan hukum kami akan membantu KPK,” ujar Boy di Mabes Polri, Jakarta.

Boy mengatakan, bukan hanya polisi, siapapun yang dipanggil oleh instansi penegak hukum, seharusnya berkewajiban untuk memenuhinya. Namun, khusus ketiga anggota Polri itu, Boy tidak berkomentar banyak. “Prinsip memberikan kesaksian kan wajib bagi semua orang demi negara,” katanya.

Sebelumnya, KPK juga memanggil tiga saksi tersebut pada Selasa (24/5) lalu. Namun mereka tidak memenuhi panggilan tersebut tanpa alasan yang jelas. “Mereka tidak hadir tanpa keterangan,” ujar Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati.

Dalam kasus ini KPK menetapkan Doddy dan Panitera Sekretaris PN Jakpus Edy Nasution sebagai tersangka. KPK masih mengembangkan kasus ini. Bahkan, Sekretaris MA Nurhadi Abdurrachman sudah dicegah bepergian ke luar negeri pasca-terbongkarnya suap menyuap itu. ‎(mg4/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top