AS Incar Bisnis Kawasan Indonesia Timur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

AS Incar Bisnis Kawasan Indonesia Timur

BERI SELAMAT: Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O. Blake Jr (kanan) didampingi Konsul Jenderal AS di Surabaya Heather Variava (kiri) menerima kunjungan Konjen Tiongkok untuk Surabaya Yu Hong di acara Ultah Ke-150 Konjen AS dan Kemerdekaan Ke-240 AS.

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Konsulat Jenderal Amerika Serikat (AS) di Kota Surabaya merayakan hari jadinya yang ke-150 tadi malam (27/5). Istimewanya, perayaan kali ini dibarengkan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Ke-240 AS. Hadir dalam acara itu Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

“Kami sengaja memajukan peringatan hari kemerdekaan karena 4 Juli terlalu dekat dengan Id (Hari Raya Idul Fitri),” kata Duta Besar AS untuk Indonesia Robert Orris Blake sesaat sebelum membuka perayaan yang dihelat di halaman gedung konsulat tersebut. Sebelum Surabaya, pihaknya lebih dulu menyelenggarakan perayaan senada di Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Blake menyatakan bahwa hubungan AS dan Indonesia sedang berada pada level terbaik. Dia menganggap lawatan Presiden Jokowi pada Oktober lalu sebagai lambang keharmonisan hubungan dua negara. ’’Pemerintah kami dan pemerintah Indonesia sepakat untuk meningkatkan hubungan ke tingkat strategis,’’ kata diplomat penyuka soto betawi tersebut.

Saat ini, selain pertahanan, hubungan AS dan Indonesia fokus pada kerja sama ekonomi digital dan ekonomi maritim. ’’Kerja sama di bidang ekonomi digital memang baru tumbuh 1 persen di Indonesia. Tapi, saya yakin angka itu naik sampai 5 persen dalam waktu dekat,’’ ujar Blake. Karena itu, Negeri Paman Sam mengimbau Google, Apple, dan Microsoft terus berekspansi di Indonesia.

Bagi AS, menurut Blake, peluang bisnis kawasan Indonesia Timur masih sangat besar. Dengan begitu, potensi kerja sama dua negara pun terus tumbuh. ’’Baru-baru ini Dubes memimpin langsung rombongan 22 pengusaha AS ke Surabaya untuk melihat potensi Indonesia Timur. Semuanya memberi respons positif,’’ kata Konsul AS untuk Surabaya Heather Variava yang mendampingi Blake semalam.

Perempuan yang mantan jurnalis itu melanjutkan, dampak lawatan tersebut adalah beberapa pengusaha akan membangun pabrik dan kantor di Indonesia Timur, khususnya Surabaya. Sebab, infrastruktur dan fasilitas lain yang mendukung distribusi komoditas sudah tersedia dan berfungsi dengan baik. ’’Surabaya selalu penting bagi AS. Itulah yang membuat para pendahulu kami membangun konsulat di sini,’’ ungkap Variava.

Sekitar 500 tamu hadir dalam perayaan ala garden party tersebut. ’’Kami mengundang kepala daerah serta pebisnis dari Indonesia Timur. Jadi, bukan hanya Surabaya dan Jawa Timur,’’ ujar Caroline Escalera, kepala humas Konsulat Jenderal AS Surabaya. Acara yang dimeriahkan marching band dari Pesantren Jawaahirul Hikmah Tulungagung itu juga dihadiri Konsul Jenderal Tiongkok untuk Surabaya Yu Hong. (hep/c23/any)

loading...
Click to comment
To Top