Bulog Pasok 30 Ribu Ton Bawang Merah Per Hari – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Bulog Pasok 30 Ribu Ton Bawang Merah Per Hari

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) melakukan intervensi pasar agar harga bawang merah kembali stabil di kisaran Rp 25 ribu. Intervensi itu merupakan perintah pemerintah.

Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan, seminggu ini pihaknya telah melakukan operasi pasar bawang merah di beberapa wilayah DKI, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

Dia mengklaim, sudah lebih seribu ton bawang merah digelontorkan ke pasar melalui penjualan eceran maupun grosir. Bulog juga bekerja sama dengan Paskomnas (pengelola pasar induk tanah tinggi Jakarta).

Mereka juga bekerja sama dengan asosiasi bawang merah untuk menambah pasokan ke pasar dengan mekanisme perdagangan yang ada.

“Dalam operasi bawang ini supaya efektif, Bulog memperhatikan selera pasar. Misalnya untuk DKI, Jawa Tengah, Sumatera OP (operasi pasar) mempergunakan jenis bima curut dari Brebes. Jatim, NTT, Kalimantan suka dengan jenis bawang merah bima dari NTB,” tulis Djarot kemarin.

Dengan OP yang dilaksanakan dalam lima hari terakhir ini, lanjut Djarot, harga bawang merah kelas medium di pasar induk telah turun dari sebelumnya Rp 27 ribu menjadi Rp 24 ribu. Bahkan Rp 23 ribu.

“Untuk selanjutnya agar harga tetap stabil pada tingkat harga yang wajar, Bulog terus menggelontorkan ke pasar sebanyak 20-30 ton per hari dengan harga Rp 21-23 ribu,” rincinya. (ers/jos/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top