Fadli Zon: Kebiri Itu Bukan Penyiksaan tapi Buat Jera – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Fadli Zon: Kebiri Itu Bukan Penyiksaan tapi Buat Jera

fadli zon

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menganggap hukuman kebiri bisa menjadi alternatif tambahan bagi pelaku kekerasan seksual.

Menurut Fadli, hukuman kebiri yang diwacanakan merupakan sebagai semangat untuk membuat jera bagi para pelaku kekerasan seksual. Dirinya juga sepakat jika hukuman tersebut masuk ke dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) 1/2016 Tentang Perubahan Kedua Atas UU 23/2002 Tentang Perlindungan Anak.

“Kita lihat bahwa semangatnya adalah dalam rangka mencegah kejahatan seksual seperti fenomenal belakangan ini, saya kira kita sepakat ada hukuman yang bisa menjerakan orang,” kata Fadli saat ditemui di DPP Partai Gerindra, Jakarta Selatan, Sabtu (29/5) seperti dilansi Rmol (Jawapos Group/Fajar).

Meski sejumlah penggiat HAM menilai hukuman tersebut lebih cinderung berbau kekerasan, namun Fadli menilai hukuman kebiri bukan penyiksaan sebab tidak mengamputasi bagian tubuh tertentu. Hukuman kebiri, lanjut Fadli hanya berupa zat kimia untuk mengurangi libido si pelaku.

“Kalau di kebiri itu bukan penyiksaan tapi membuat dia jera dengan itu,” imbuhnya.

Lebih lanjut Fadli mengatakan, hukuman kebiri akan mendorong korban pelaku kekerasan seksual mau melaporkan perlakuan yang diterima kepada aparat hukum. Menurutnya banyak korban kekerasan seksual enggan melaporkan tindakan kekerasan kepada polisi karena takut pelaku dihukum ringan.

“Sekarang mereka tau hukumannya berat, berarti mereka bisa melapor dan hukumannya jelas,” ujarnya. [ysaRmol/Fajar]

loading...
Click to comment
To Top