Ingat Yah! Pulau Cantik Ini Nggak Boleh Ada Aktifitas, Kecuali Minta Izin – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ingat Yah! Pulau Cantik Ini Nggak Boleh Ada Aktifitas, Kecuali Minta Izin

FAJAR.CO.ID, JEMBER – Pulau cantik Nusa Barong di Jember, Jawa Timur termasuk kawasan konservasi. Dengan begitu, tidak semua kegiatan bisa dilakukan di pulau itu karena dikhawatirkan merusak ekosistem yang ada.

“Kegiatan di Nusa Barong harus ada izin dulu,” kata Kepala BKSDA Wilayah III Jember Agus Ngurah Kresna.

Dia menjelaskan, kegiatan yang bisa dilakukan di pulau seluas 6.100 hektare itu hanya kategori tertentu. Misalnya, penelitian atau pendidikan. Aktivitas itu diperbolehkan asal tidak melakukan eksploitasi. Sebab, di pulau yang berlokasi di Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, itu terdapat satwa yang dilindungi. Salah satunya penyu.

“Jika ada kegiatan yang membuat satwa itu terusik, tentu kami larang,” katanya.

Apalagi, jumlah satwa yang dilindungi seperti penyu diperkirakan semakin sedikit. Berdasar data terakhir BKSDA Wilayah III Jember pada 2013, terdapat 1.000 ekor penyu yang naik untuk bertelur di pulau tersebut. “Tahun ini kami masih belum melakukan monitoring,” jelasnya.

Di Nusa Barong, lanjut Agus, juga ada sejumlah hewan lain yang menjadi predator seperti ular. Begitu pula rusa, kijang, elang laut, dan lainnya.

Agus tidak menolak bahwa ada kawasan wisata di sana. Namun, lokasi yang bisa dijadikan tempat berkunjung perlu disurvei lebih dahulu. “Syaratnya, tidak merusak ekosistem,” tuturnya. “Harus ada persetujuan dari pemkab juga,” imbuhnya. (gus/hdi/c5/ai/flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top