SIMAK: Ini Cara untuk Mematahkan Elektabilitas Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

SIMAK: Ini Cara untuk Mematahkan Elektabilitas Ahok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Melihat elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama yang terus melejit jelang Pilkada DKI 2017 mendatang, para politikus hingga pengamat ramai-ramai memberikan opini tentang bagaimana strategi yang dilakukan untuk dapat mematahkan Calon gubernur yang akrab disapa Ahok Ini. 

Menurut Peneliti senior dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo mengatakan, Ahok baru bisa dikalahkan penantangnya apabila tidak lagi dipercaya oleh masyarakat.

“Penantang Ahok harus menggeser kepercayaan publik yang begitu kuat kepada Ahok,” kata Karyono seperti diberitakan RMOLJakarta.com, (Jawa Pos Group/Fajar),  Sabtu (28/5).

Caranya, lanjut dia, dengan mengungkap ke publik bahwa Ahok juga punya catatan buruk. Misalnya, penggusuran, pembelian lahan Rumah Sakit Sumber waras, sampai reklamasi di Teluk Jakarta.

Cara selanjutnya, masih kata Karyono, penantang Ahok harus bisa meyakinkan publik bahwa mereka lebih baik, atau minimal sama dengan Ahok.

“Menggerakkan seluruh kekuatan, baik itu mesin politik partai, relawan, dan tokoh-tokoh masyarakat,” katanya.

Berikutnya, kandidat penantang harus mengelola isu yang efektif dalam menurunkan kepercayaan publik kepada Ahok.

“Di sisi lain, penantang Ahok harus meng-upgrading, menaikkan popularitas, menggalang dukungan yang lebih masif di berbagai elemen masyarakat,” ujarnya.

Penantang Ahok, katanya, juga harus bersatu dengan mewujudkan pertarungan head to head dengan penantang Ahok yang disukai masyarakat. [samRmol/fajar)]

Click to comment
To Top