Pencipta Phoneblocks Minta Ini Sama Google Soal Project Ara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Teknologi

Pencipta Phoneblocks Minta Ini Sama Google Soal Project Ara

FAJAR.CO.ID – Seperti diberitakan sebelumnya, bagi anda yang menunggu kelanjutan dari Project Ara, ATAP team yang bertanggungjawab atas proyek tersebut pada beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa proyek yang diakusisi Google dari Motorola Mobility itu akan dirilis pada akhir tahun 2016 ini.

Mengetahui kabar tersebut. Dave Hakkens, pencipta Phoneblocks yang sempat mengembangkan Project Ara sebelum dibeli Google dari Motorola, mengeluarkan curahan hati dalam blog pribadi miliknya.

Project Ara dinilai Dave Hakkens telah melenceng dari apa yang ia cita-citakan. Seperti diketahui, frame ponsel yang terdiri di dalamnya CPU, antena, sensor, baterai dan layar tidak menjadi komponen yang swappable alias tidak dapat digonta-ganti. Jika layarnya pecah, maka pengguna harus mengganti keselurah ponsel. Sangat bertolak belakang dengan apa yang dicita-citakan Phoneblocks diawal.

Pada awalnya, Phoneblocks diciptakan untuk memberikan kebebasan penggunananya untuk dapat mengganti setiap komponen yang dimiliki ponsel tersebut.

Kendati dirinya dibuat galau oleh keputusan Google yang merubah konsep Project Ara, Dave Hakkens mengaku puas dengan desain kotak-kotak yang diusung ponsel tersebut, yang menurutnya sesuai dengan konsep original dari Phoneblocks miliknya.

Begini pesan Dave untuk Google:

“Google telah menunjukan keseriusannya dalam mengembangkan  telepon modular. Mereka memiliki keberanian dan sumber daya untuk mencobanya. Tapi sebagai salah satu perusahaan yang paling kuat di dunia dengan jumlah sumber daya yang besar tersedia saya juga berpikir mereka bisa berbuat lebih baik. Jangan fokus pada pembuatan ponsel laku di pasaran, tapi fokus pada pembuatan ponsel masa depan. Sebuah ponsel yang benar-benar mendunia,” saran Dave untuk Google.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top