Peneliti Jerman Kembangkan Robot Yang Bisa Merasakan Sakit – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Teknologi

Peneliti Jerman Kembangkan Robot Yang Bisa Merasakan Sakit

Film Ex-Machina

FAJAR.CO.ID – Para peneliti asal Jerman dikabarkan tengah melakukan penelitian tentang sistem saraf buatan pada robot yang memungkinkan mereka untuk merasakan rasa sakit seperti halnya pada manusia.

Menurut peneliti di Universitas Leibniz di Hannover ini, rasa sakit adalah salah satu metode yang membangun sistem perlindungan. Jadi dengan memiliki sensasi ini, para robot nantinya mampu mempertahankan dirinya sendiri dari sebuah ancaman.

“Rasa sakit adalah sistem yang melindungi kita, ketika kita menghindari penyebab rasa sakit, itu akan melindungi kita untuk tidak terluka,”kata Johannes Kuehn seperti dikutip dari Spectrum IEEE.

Sementara menurut Profesor Sami Haddadin, seorang ahli dalam bidang interaksi robot – manusia, mengatakan bahwa penelitian. Ini nantinya dapat berdampak baik pada manusia.

“Robot harus dapat mendeteksi dan memperkirakan gangguan atau ancaman diluar yang tidak mampu dideteksi manusia, memperhitungkan kerusakan yang diakibatkan ancaman tersebut dan melakukan langkah counter atas hal itu,” tulis Haddin dan Kuehn dalam makalah yang di presentasikan dalam IEEE International Conference on Robotics and Automation (ICRA) di Stockholm.

Click to comment
To Top