Sebelum Juni Revisi UU Pilkada Rampung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Sebelum Juni Revisi UU Pilkada Rampung

21440_19045_pilkada

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sempat diprediksi molor, janji pemerintah dan DPR untuk menuntaskan pembahasan revisi UU Pilkada pada akhir bulan ini mulai menunjukkan pertanda positif akan terpenuhi.

Bahkan, UU yang akan menjadi dasar pelaksanaan pilkada serentak tahap kedua pada 2017 itu diharapkan dapat disahkan ke sidang paripurna DPR awal Juni ini.

“Senin (hari ini, Red) rapat terakhir. Selasa kesepakatan antara DPR dan pemerintah. Dan, tanggal 1 atau 2 Juni ada paripurna,” ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Jakarta kemarin (29/5).

Menurut Tjahjo, beberapa isu yang sempat alot sudah menemukan titik temu. Misalnya, soal persentase syarat pencalonan dari parpol atau gabungan parpol.

Beberapa fraksi yang sempat meminta persentasenya diturunkan dalam rapat Jumat (27/5) sudah melunak. Syarat dukungan akhirnya tidak diturunkan, yakni tetap 20 persen kursi DPRD atau 25 persen jumlah perolehan suara saat pemilu.

Sementara itu, terkait dengan mundur atau tidaknya anggota dewan yang maju dalam pilkada, pria asal Semarang itu menyebut belum ada kesepakatan. Namun, pihaknya optimistis hal tersebut bisa diselesaikan dalam rapat hari ini.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad berharap UU Pilkada bisa benar-benar selesai akhir bulan ini.

Apalagi dalam UU yang baru, Bawaslu bakal memiliki kewenangan yang jauh lebih besar. Pelanggaran administrasi, termasuk sengketa pemilihan, diselesaikan Bawaslu provinsi sampai putusan dan sanksi. Tentunya banyak persiapan yang harus dilakukan.

“Bawaslu sangat membutuhkan revisi UU itu. Karena kami tidak mungkin menyusun peraturan Bawaslu yang melanggar revisi itu,” ujarnya. Terlebih, pihaknya juga sudah dituntut untuk segera menjalankan fungsi pengawasan mengingat tahapan pilkada akan dimulai pada tanggal 21 Juni mendatang. (far/c6/pri)

loading...
Click to comment
To Top