1 Juni Hari Libur Nasional? Ini Jawaban dari Istana – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

1 Juni Hari Libur Nasional? Ini Jawaban dari Istana

johan budi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Juru Bicara Presiden Johan Budi memastikan 1 Juni 2016 besok, bukanlah hari libur nasional. Hal ini terkait beredarnya wacana Presiden Jokowi untuk menetapkan tanggal itu sebagai hari libur nasional.

Johan menuturkan pada 1 Juni akan ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila. Namun, kepastian hukumnya ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres).

 “Besok dipastikan tidak libur. Informasi yang menyebut ada keputusan Presiden besok libur tidak benar,” kata Johan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Johan mengatakan, keputusan apakah 1 Juni dijadikan sebagai Hari Lahir Pancasila dan apakah dijadikan sebagai hari libur nasional baru diputuskan Rabu 1 Juni besok. Jika diresmikan sebagai Hari Lahir Pancasila dan dijadikan hari libur nasional, maka libur itu baru berlaku tahu depan.

Presiden RI Joko Widodo rencananya akan mengumumkan langsung di Kota Bandung, besok.

Sementara Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna secara pribadi berpendapat, peringatan 1 Juni 1945 sebagai hari lahir pancasila dan setiap 1 Juni dijadikan hari libur nasional sudah tepat. Bahkan menurutnya, peraturan atas hal itu seharusnya sejak lama ditetapkan. Dia mengatakan bangsa Indonesia meliburkan hari-hari tertentu lainnya tetapi sampai saat ini belum meliburkan hari yang berkaitan dengan dasar negara.

“It’s long overdue, seharusnya dari dulu, kita sangat mendukung ya (kalau aturannya ada). Karena bagaimana pun tidak dapat dinafikan sejak pidato presiden, sejak pidato Bung Karno, di situlah ide karena pertanyaan pimpinan sidang, Dr. Radjiman Wedyodiningrat, kalau negara kita mau merdeka apalah dasarnya? Yamin pidato, Sutomo pidato, Bung Karno pidato, lahirlah,” kata Yasonna. (kan/pjk1/fajar)

loading...
Click to comment
To Top