56 Mahasiswa Universitas Cendrawasih Diamankan Gara-gara Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

56 Mahasiswa Universitas Cendrawasih Diamankan Gara-gara Ini

FAJAR.CO.ID, JAYAPURA – Polres Jayapura akhirnya mengambil tindakan dari aksi demo mahasiswa Universitas Cenderawasih Jayapura. Sebanyak 56 mahasiswa diamankan.

Mereka ditangkap karena sudah dianggap menggangu ketertiban umum. Ya, saat long march dari kampus Uncen Perumnas III Waena dengan tujuan kampus Uncen Abepura, para mahasiswa tampak mengumpulkan uang dari masyarakat. Paur Humas Polres Jayapura Kota Iptu Jahja Rumra saat dikonfirmasi membenarkan adanya 56 orang mahasiswa yang diamankan di Polres Jayapura Kota.

“Dari hasil interogasi yang dilakukan, aksi mereka itu untuk meminta ke rektor Uncen agar dalam seleksi mahasiswa baru Uncen, dilakukan perbandingan 80 persen untuk putra daerah dan 20 persen untuk non putra daerah,” ungkapnya saat ditemui Cenderawasih Pos Senin (30/5) kemarin.

Kemudian, massa pendemo ini sudah pernah bertemu dengan rektor Uncen pada hari pertama, namun belum ada jawaban yang memuaskan sehingga mereka melakukan aksi untuk meminta kepada Rektor Uncen harus ada perbandingan atau regulasi 80-20 untuk penerimaan mahasiswa baru di kampus Uncen. Dalam rangkaian kegiatan mereka ini juga mengganggu aktivitas perkuliahan, dan dari pihak kampus juga merasa terganggu dengan aksi mereka dan meminta pengamanan kepada Polres Jayapura Kota.

“Jadi kami mengamankan mereka karena pihak kampus Uncen merasa tertanggu dan meminta pengamanan kepada Polres Jayapura Kota, sehingga kita membawa mereka ke sini untuk melancarkan arus lalu lintas,” jelasnya.

Kata Jahja, pihaknya akan mendata identitas mereka secara lengkap, sehingga apabila ke depannya mereka melakukan aksi-aksi lagi, data mereka di kepolisian dalam hal ini Polres Jayapura Kota sudah ada.

“Jadi untuk pengamanan dalam pelaksanaan ujian penerimaan mahasiswa baru kami tidak intervensi dalam kampus, yang menjadi perhatian kami untuk pengamanan itu berada di luar area kampus Uncen,” katanya. (jo/adk/jpnn)

Click to comment
To Top