Ini Dia Kriteria PNS Yang Bakal Dipensiunkan Kemenpan-RB Lebih Dini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ini Dia Kriteria PNS Yang Bakal Dipensiunkan Kemenpan-RB Lebih Dini

FAJAR.CO.ID – Menanggapi kabar pemecatan satu juta PNS oleh Kementerian-RB, anggota Komisi II DPR RI Amran mengatakan bahwa kabar tersebut masih belum dipastikan kebenarannya. Karena itu, ia berjanji, akan ada pembahasan terkait hal itu antara Komisi II dengan Kemenpar-RB yang dibawahi Yuddy Chrisnandi itu.

“Kepastian ini akan kami tanyakan kepada Kemenpan-RB, apakah ini betul atau hanya rumor yang berkembang bahwa akan ada pengurangan PNS,” kata Amran kepada wartawan, Selasa (31/5).

Dalam pembahasan itu, lanjut Amran, akan pula dibicarakan mengenai nasib dari pada tenaga honorer yang masuk dalam kategori 1 dan 2 itu.

Ada pun menurut politis PAN itu, alasan terjadinya pemangkasan pegawai sipil itu tidak terlepas dari membludaknya tenaga PNS dalam kategori tertentu, sehingga harus dilakukan pemetaan yang mendalam oleh pihak Kemenpan-RB.

“Komisi II masih ingin mendengar keterangan Kemenpar-RB terhadap pengurangan PNS yang katanya kelebihan tenaga itu,” kata dia.

“Waktu itu kita minta agar Menteri Yuddy Chrisnandi untuk melakukan pemetaan terhadap posisi di lembaga pemerintahan, agar dipetakan betul berapa sesungguhnya jumlah PNS yang ideal di Indonesia, kemudian tenaga mana yang kurang dan mana yang lebih. Harus dirinci setiap bidang agar tahu kebutuhan kita,” sambungnya.

Anggota DPR Dapis Sulawesi Selatan III itu juga memaparkan mengenai kriteria PNS yang akan masuk dalam daftar pensiun dini milik Kemenpan-RB itu.

“Kriteria yang di pensiundinikan ini adalah mereka yang memiliki ijazah SD, SMP dan kalau tidak salah yang SMA juga, dengan pertimbangan bahwa PNS-PNS yang kita butuhkan adalah mereka yang profesional, terampil dan mumpuni,” pungkas dia.

To Top