Panja Tuntaskan Revisi UU Pilkada, Ini Kata Mendagri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Panja Tuntaskan Revisi UU Pilkada, Ini Kata Mendagri

Tjahjo Kumolo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Panitia kerja (Panja) rancangan undang-undang (UU) nomor 8 tahun 2015 Pemilihan Kepala daerah (pilkada) telah menyelesaikan pembahasan perubahan undang-undang tersebut, Selasa (31/5) dini hari tadi.

Namun keputusan dari Panja masih menantikan pengesahan pada sidang paripurna yang akan dilaksanakan Kamis mendatang (2/6). Pasalnya ada beberapa poin yang masih diperdebatkan oleh anggota DPR.

Kendati demikian, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengapresiasi kinerja dari wakil rakyat tersebut. “‎Pertama kami menghargai pandangan dan keputusan yang diambil pimpinan pada setengah tiga pagi tadi bahwa panja selesai,” ujar Tjahjo Kumolo sebelum rapat perampungan RUU Pilkada di Komisi II DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (31/5).

Mantan Sekjen PDIP itu memberikan beberapa catatan poin-poin yang belum mendapatkan kesepakatan agar dituntaskan dengan cermat tanpa mengabaikan keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK).

“Yang belum ada keputusan bulat, maka siang hari ini pandangan mini fraksi untuk mengambil keputusan di tingkat pertama,” sambungnya.

Tjahjo mengatakan bahwa pemerintah saat ini masih tetap dengan sikapnya, yakni mengacu pada putusan MK, seperti soal persyaratan untuk calon independen tetap seperti yang ada dalam UU Nomor 8 Tahun 2015 saat ini, yakni antara 6,5 hingga 10 persen. Jumlah persentase itu berdasarkan jumlah penduduk dan daerahnya, kabupaten/kota dan provinsi.

Sedangkan untuk dukungan calon yang diusung dari partai politik (parpol) tidak mengalami perubahan.

Sementara itu, anggota TNI, Polri, PNS, DPR, DPD juga harus mundur sesuai dengan UU yang mengatur TNI, UU Polri, UU ASN, dan putusan MK. “Pemerintah tetap dengan sikap kami,” tegasnya. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top