Buat yang Ikut SBMPTN 2016, Jangan Lupa Bawa Ini Saat Tes – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Buat yang Ikut SBMPTN 2016, Jangan Lupa Bawa Ini Saat Tes

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tes tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 telah berlangsung pada 31 Mei kemarin. Kini, para peserta yang memilih bidang olah raga dan seni, harus mengikuti ujian keterampilan.

Ujian keterampilan SBMPTN 2016 dilaksanakan pada 1 dan 2 Juni 2016 atau satu hari pascaujian tertulis. Tes keterampilan berbeda dengan tes tuliis, makanya peralatan yang dibawa saat tes juga berbeda.

Berikut beberapa perlengkapan penting yang harus dibawa peserta SBMPTN 2016 saat ujian keterampilan:

1. Kartu peserta ujian SBMTN 2016

Para peserta akan mengisi daftar hadir dan diperiksa identitasnya melalui kartu peserta yang telah dicetak sebelumnya. Oleh sebab itu pastikan kartu peserta SBMPTN dan kartu identitas seperti KTP tidak tertinggal di rumah.

2. Perlengkapan bidang keolahragaan

Peserta yang memilih program studi (prodi) keolahragaan harus membawa pakaian olahraga lengkap, termasuk sepatu. Siapkan juga handuk kecil untuk menyeka keringat dan botol air minum terisi penuh agar tubuhmu tetap terhidrasi.

3. Perlengkapan bidang seni rupa

Panitia akan menyediakan kertas gambar saat tes. Tetapi, jangan lupa membawa pensil jenis 2B/3B/4B/5B/6B, karet penghapus, dan alas gambar ukuran A3. Barang bawaan ini juga wajib untuk peserta prodi desain, kriya, dan program kependidikan senirupa.

4. Perlengkapan bidang sendratasik

Bidang sendratasik terbagi atas seni drama, tari, dan musik. Peserta yang memilih prodi harus membawa perlengkapan seni peran. Kemudian peserta bidang seni tari wajib membawa rekaman iringan tari yang akan digunakan sesuai pilihan. Para peserta tersebut bisa membawa iringan musik dalam format CD/kaset/flashdisk. Jangan lupa juga untuk membawa pakaian latihan/praktik menari.

Sedangkan bagi yang memilih bidang seni musik, pastikan untuk membawa peralatan musik sesuai pilihan. Panitia hanya akan menyediakan piano atau drum di lokasi ujian.

Ujian keterampilan tidak perlu dilakukan di PTN bersangkutan. Sebab, panitia SBMPTN 2016 memiliki kebijakan bahwa peserta yang memilih prodi seni dan keolahragaan bisa memilih kampus terdekat sebagai lokasi ujian selama kampus tersebut memiliki prodi yang dimaksud. (ira/ril/PS)

Click to comment
To Top