Ditunjuk Jadi Kementerian Percontohan, KKP Luncurkan Program Satu Data – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Ditunjuk Jadi Kementerian Percontohan, KKP Luncurkan Program Satu Data

perikanan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mendaulat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjadi salah satu kementerian atau lembaga, sebagai percontohan program ‘Satu Data’. Program itu digagas agar KKP bisa menghimpun hasil kinerja yang nantinya bisa dipublikasikan pada satu pintu, yakni website resmi.

“Terkait dengan program Satu Data, ini juga merupakan arahan Presiden, sehingga saya minta agar seluruh jajaran KKP baik di pusat maupun di daerah bisa mendukung pelaksanaan integritas data tinggi, menjadi Satu Data KKP,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Meski terdengar mudah, menurut Susi ada tantangan yang dihadapi dalam penyajian satu data. Yakni sumber data yang beragam, kualitas dan validitas, struktur birokrasi, dan pemutakhiran data.

Susi berharap, program ‘Satu Data’ ini bisa memberi kontribusi lebih kepada kinerja KKP di masa mendatang. Selain itu, ‘Satu Data’ juga sebagai wujud keterbukaan informasi publik, agar masyarakat bisa mengakses langsung sekaligus mengawasi kebijakan KKP.

“Saya berharap, kebijakan dan program pembangunan kelautan dan perikanan yang telah dilaksanakan selama ini bisa terus memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional”, kata Susi di Jakarta, Selasa (31/5). (chi/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top