Mahasiswa UI yang Bunuh Diri Pendiam dan Suka Mengurung Diri di Kamar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Mahasiswa UI yang Bunuh Diri Pendiam dan Suka Mengurung Diri di Kamar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Insiden bunuh diri mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Vinsensius Billy, 21, menimbulkan banyak tanda tanya bagi rekan dan tetangganya di indekos yang beralamat di kos Unica 26,  RT004/003, Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok, Jawa Barat (Jabar).

Maryati, petugas kebersihan indekos Unica 26 menuturkan, sebelum ditemukan tewas gantung diri, orang tua Billy sempat datang ke kosan itu. Mereka terlibat diskusi yang cukup alot.

“Sebelumnya juga orang tuanya datang ke kamar kosannya tadi malam. Saya tidak tahu apa yang dibicarakan, tetapi pas malam itu raut wajah Mas Billy terlihat kusut,” ujar Maryati yang dilansir dari Indopos (Jawa Pos Group), Rabu (1/6).

Maryati mengungkapkan, selama ini Billy dikenal sebagai penghuni indekos yang pendiam. Pemuda berkulit putih itu kerap mengurung diri di dalam kamar.

Kalau bercengkrama dengan sesama penghuni kos pun hanya beberapa kali saja terlihat. ”Kalau ditanya ya dijawab. Kalau tidak, yang orangnya diam. Paling kalau pulang kuliah langsung masuk ke kamar dan kalau lapar saja baru keluar,” imbuhnya.

Dwi Putra, tetangga Billy di Indekos Unica 26 mengatakan sempat mendengar diskusi antara korban dan orang tuanya yang datang pada Senin (30/05), malam. Diskusi yang dia dengar adalah mengenai masalah nilai dan skripsi.

Namun diskusi itu tak berapa lama dibahas diantara ketiganya di dalam kamar. ”Habis orang tua Billy pulang saya tidak terdengar ada aktifitas di dalam kamar. Saya saja baru tidur sekitar pukul 02.00. Mereka hanya diskusi masalah nilai dan penyakit Billy saja,” kata Dwi Putra.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Depok, Kompol Teguh Nugroho menegaskan, dari hasil penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP) pihaknya menemukan korban tewas dengan cara mengikat leher di rak besi kamar.

Itu diketahui dari hasil visum dan kotoran serta air seni yang ditemukan di dalam celana dalam korban. ”Ini tindakan bunuh diri yang dilakukan korban pada tengah malam. Tidak ada tanda-tanda kekerasan atau apapun yang kami temukan,” tuturnya.

Teguh menerangkan, penyebab utama korban bunuh diri diduga karena masalah nilai dan beban kuliah yang dihadapi.Hal itu diketahui pihaknya setelah mengumpulkan keterangan dari keluarga korban.

”Saksi yang kami mintai keterangan itu adalah orang tua korban dan teman-teman korban. Ya mereka mengakunya seperti itu kepada kami,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Vinsensius ditemukan  tewas gantung diri di kosannya di kawasan Unica Jalan Transmisi No 6, Kukusan, Beji, Depok, kemarin.   

Mahasiswa semester delapan Jurusan Akutansi Fakultas Ekonomi (FE) UI itu ditemukan Mariaty, petugas kebersihan kos sekitar pukul 08.30. (cok/iil/JPG)

Click to comment
To Top