Ngeri, Virus HIV/AIDS Merajalela Di India – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Ngeri, Virus HIV/AIDS Merajalela Di India

image

FAJAR.CO.ID – Saat ini, setidaknya terdapat lebih dari 2 juta orang di India hidup dengan HIV/Aids. belakangan diketahui 2.234 orang telah terjangkit virus HIV yang mematikan itu kala menerima transfusi darah di rumah sakit (RS) di India selama 17 bulan terakhir.

Fakta mengerikan tersebut terkuak berkat informasi yang dibeberkan National Aids Control Organisation (NACO) sebagai respon terhadap sebuah petisi yang dilayangkan aktivis Chetan Kothari.

Penyebaran HIV ini, menurut Kothari, sebagai hasil dari terkontaminasinya pasokan darah di RS-RS di negara tersebut. Ditemukan 361 kasus di negara bagian Uttar Pradesh. Di bagian barat Gujarat ditemukan 292 dan 276 kasus lainnya terjadi di Maharashtra dan sementara 264 kasus juga ditemukan di New Delhi.

“Data ini merupakan data resmi yang dikeluarkan oleh organisasi milik pemerintah. Saya bahkan meyakini bahwa angka riil di lapangan akan lebih mengerikan, bisa dua hingga tiga kali lipat ,” kata Kohtari seperti dikutip dari BBC.

Menurut ketentuan hukum, adalah wajib bagi setiap RS untuk memeriksa setiap donor dan darah yang didonorkan untuk mereka yang terjangkit HIV, hepatitis B dan C, malaria dan lainnya.

“Namun biaya yang dikeluarkan untuk setiap proses tersebut setidaknya memakan biaya sekitar Rp 250 ribu dan kebanyakan RS di India tidak memiliki fasilitas pemeriksaan tersebut. Bahkan di kota besar seperti Mumbai, hanya tiga RS swasta yang memilikinya. Bahkan rumah sakit terbesar milik pemerintah pun tidak memiliki teknologi tersebut. Ini hal yang mendesak dan harus ditanggapi secepatnya,” tutup dia.

loading...
Click to comment
To Top