Pele Lelang Koleksi Pribadinya, Ada Apa Yah? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Pele Lelang Koleksi Pribadinya, Ada Apa Yah?

FAJAR.CO.ID – Legenda sepakbola Pele, tengah melelang barang-barang memorabilia dari karir sepakbolanya yang cemerlang, salah satu yang dilelangkan pesepakbola Brazil itu adalah trofi Jules Rimet.

Lebih dari 60 tahun berlalu sejak mengawali karir profesionalnya, Pele sudah beberapa kali menjual barang-barang pribadi miliknya, mulai dari medali juara Piala Dunia hingga sepatu miliknya yang dikenakannya dalam film Escape to Victory, yang juga menghadirkan Sylvester Stallone dan legenda sepabola Inggris Sir Bobby Moore.

“Menjualnya adalah keputusan yang tidak mudah untuk dilakukan,” kata Pele yang memiliki nama lengkap Edson Arantes do Nascimento seperti dikutip CNN.

“Saya merasa dapat melakukan lebih banyak hal baik dengan berbagi artifak ini dengan dunia,” sambung dia.

Trofi Jules Rimet yang akan dilelang ini, didapatnya usai memenangkan Piala Dunia ketiga dalam karir sepakbolanya pada tahun 1970 di Brazil.

Trofi tersebut oleh rumah lelang Julien dihargai sebesar $600,000 atau sekitar Rp 8,2 miliar dalam tiga hari belakangan ini, sementara untuk medali milik Pele dihargai masing-masing diangka $200,000 atau setara Rp 2,7 miliar.

Selain yang disebutkan, total barang yang dilelangkan pesepakbola yang telah mencetak 1.283 gol dalam karirnya itu, berjumlah sebanyak lebih dari 2000 item dan diperkirakan bernilai lebih dari $5,1 juta atau lebih dari Rp 69 miliar.

Hasil dari lelang ini rencananya akan disumbangkan untuk masyarakat kota Santos, “saya memutuskan untuk berbagi koleksi saya dengan para fans untuk mengkoleksi bagian dari karir saya. Semoga mereka menyimpannya dengan baik dan menceritakan cerita tentang saya kepada anak dan generasi mendatang,” ujar pria yang memegang rekor Guiness World Record dalam kategori pesepakbola dengan gol terbanyak itu.

loading...
Click to comment
To Top