Tetapkan 1 Juni Hari Lahir Pancasila, Megawati: Terima Kasih Jokowi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Tetapkan 1 Juni Hari Lahir Pancasila, Megawati: Terima Kasih Jokowi

FAJAR.CO.ID, BANDUNG – Keputusan Presiden Joko Widodo menetapkan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila disambut gembira keluarga besar mantan Presiden Soekarno. Apalagi, mulai tahun depan 1 Juni ditetapkan sebagai libur nasional.

“Atas nama keluarga besar, saya Megawati Soekarnoputri, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Ir Joko Widodo dan Pemerintah Republik Indonesia,” ujarnya saat berpidato dalam acara peringatan pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Bandung, Jawa Barat, hari ini, Rabu (1/6).

Ia juga berterima kasih kepada semua pihak, terutama seluruh rakyat Indonesia karena telah memperjuangkan penetapan 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila. “S‎ungguh pengakuan ini merupakan momen bersejarah yang telah berani kita goreskan bersama,” sebut Megawati.

Megawati menambahkan, itu adalah suatu upaya untuk membangkitkan keinsyafan dan kesadaran nasional. Hal tersebut sangatlah berarti di era globalisasi dan pasar bebas, di mana liberalisme dan kapitalisme telah merasuk ke dalam seluruh aspek kehidupan.

Megawati berharap agar ‎spirit yang sama saat pidato lahirnya Pancasila yang dibacakan 1 Juni 1945 oleh Bung Karno tidak hanya menjadi memori kolektif bangsa.

“Inilah saat yang tepat untuk mengembalikan kemudi republik ini, termasuk dalam kebijakan pembangunan nasional, kembali pada nilai-nilai ketuhanan, perikemanusiaan, persatuan dan musyawarah mufakat untuk mencapai keadilan sosial,” tuturnya. (dna/jpg)

To Top