Ciyus? Ahmad Dhani Bilang, KPK Sudah Tersangkakan Ahok di Kasus Sumber Waras – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Ciyus? Ahmad Dhani Bilang, KPK Sudah Tersangkakan Ahok di Kasus Sumber Waras

CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 90

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Musisi Ahmad Dhani mengaku telah mengantongi informasi soal status Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja sebagai tersangka dalam dugaan korupsi  pembelian lahan RS Sumber Waras. Penetapan tersangka Ahok,  Kini terganjal di meja komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

“Kalau kita sudah tahu, semua penyidik menyatakan tersangka. Cuma komisioner yang belum menyatakan tersangka,” kata Dhani di depan gedung KPK, Jakarta, Kamis (2/6). 

Dhani mengklaim mendapatkan informasi sahih itu dari seorang sumber terpecaya. Bahkan, dia menyebut penyidik telah menyerahkan berkas  Sprindik tersangka Ahok kepada pimpinan komisi antirasuah. 

Hari ini,  sedianya Ahmad Dhani bersama aktivis Ratna Sarumpaet akan menggelar panggung rakyat sekaligus demo ‘Tangkap Ahok’ di gedung KPK. Alih-alih terlaksana, polisi justru menahan peralatan manggung dan demo Dhani serta membawanya ke Polda Metro Jaya. 

Menurut Ratna Sarumpaet, demo itu sekaligus untuk mempertegas informasi soal status Ahok sebagai tersangka kepada KPK. “Di luar beredar bahwa Ahok sudah tersangka. Dan rekomendasi tersangka dari penyidik sudah ada di meja pimpinan,” kata ibu dari artis Atiqah Hasiholan itu.

Seperti diketahui, BPK menilai pembelian lahan RS Sumber Waras oleh Pemprov DKI Jakarta terdapat enam penyimpangan. Enam penyimpangan itu adalah penyimpangan dalam tahap perencanaan, penganggaran, tim, pengadaan pembelian lahan RS Sumber Waras, penentuan harga, dan penyerahan hasil.

Menurut BPK, proses pembelian itu tidak sesuai dengan prosedur dan Pemprov DKI membeli dengan harga lebih mahal dari seharusnya sehingga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 191 miliar.

Menindaklanjuti audit investigasi BPK, KPK pun mulai menyelidiki dugaan penyimpangan tersebut. Beberapa waktu lalu, KPK juga telah meminta keterangan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dalam penyelidikan kasus ini.

Pada pertengahan Mei lalu, KPK menyatakan penyelidikan itu sudah memasuki pemeriksaan tahap akhir (final check). 

Dalam penyelidikan ini, KPK telah meminta keterangan kepada sekitar 50 orang. Kemudian penyelidikan dilanjutkan dengan permintaan keterangan dari ahli keuangan, ahli pertanahan, dan ahli administrasi. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top