UU Pilkada Disahkan, Mendagri: Semua Catatan Perlu Dipertimbangkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

UU Pilkada Disahkan, Mendagri: Semua Catatan Perlu Dipertimbangkan

Tjahjo Kumolo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah mengapresiasi pengesahan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Menteri Dalm Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo‎ mengatakan, beberapa catatan dan kesimpulan yang muncul saat panja, mini fraksi, dan penguatan forum paripurna ini bagian kapita selekta UU Pilkada.

“Itu (catatan) semua perlu dipertimbangkan di kemudian hari‎ agar kualitas Pilkada meningkat,” ucap dia di Kompleks Parlemen Senayan, ‎Jakarta, Kamis (2/6).

‎Terkait usulan materi draft UU Pilkada ‎itu, menurut Tjahjo, pemerintah mempertimbangkan tiga hal penting.

Pertama, DPR dan Pemerintah memandang UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilukada bersifat multitafsir bagi pencalonan kepala daerah.

“Makanya kita rumuskan untuk antisipasi munculnya masalah baru ‎dalam pencalonan kepala daerah periode berikutnya,” tegas dia.

Kemudian, ‎adanya masukan materi putusan mahkamah konstitusi (MK) soal keharusan mundur bagi anggota DPR, DPD dan DPRD. ‎Sehingga usulan tak perlu mundur tak bisa diterapkan karena keputusan MK bersifat final dan mengikat semua‎.

“Proses UU Pilkada ini membutuhkan proses yang panjang. Penyempurnaan UU agar pelaksanaan pemilukada tak tiap tahun dirubah,”‎ tandas politisi senior PDI-P itu.

‎Tjahjo menambahkan, pihaknya mengapresiasi DPR RI khususnya Panja yang telah memberikan pertimbangan sosial, politik, dan hukum.

“Kita akan akomodir semuanya. Walaupun masih banyak hal yang perlu diantisipasi pelaksanaan pilkada ke depannya,” tutup dia. (hyt/JPG)

loading...
Click to comment
To Top