Ahok-Djarot Berpasangan, Pilgub DKI Selesai… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Ahok-Djarot Berpasangan, Pilgub DKI Selesai…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Pangi Syarwi Chaniago menilai Pilkada DKI 2017 bisa dianggap selesai bila Basuki T Purnama (Ahok) dan Djarot Syaiful Hidayat benar-benar disandingkan. Pasalnya, itu berarti Ahok akan mendapat dukungan dari mesin politik raksasa PDI Perjuangan.

“Kalau benar kabar yang menyebutkan Ahok mau disandingkan lagi dengan Djarot, saya kira Pilkada DKI sudah selesai,” ujar Pangi saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (3/6).

Menurutnya, Ahok akan lebih mudah memenangkan Pilkada DKI bila maju dari jalur partai dibanding independen. Apalagi, kalau pendamping yang dipilih adalah kader partai pemenang pemilu PDIP.

Sebaliknya, Pangi menilai PDIP sangat mungkin mendukung Ahok. Karena, bagaimanapun juga Ahok adalah calon dengan elektabilitas dan popularitas yang belum tersaingi hingga saat ini.

“Dukungan PDIP ke Ahok saya kira cukup rasional. Baguslah kalau Ahok juga merasa seperti itu. Pasangan Ahok-Djarot sangat bisa terjadi karena politik sangat dinamis,” ujar Pangi.

Dia menambahkan, PDIP berpengalaman dalam memenangkan Pilkada. Dengan kursi mayoritas di DPRD DKI Jakarta, maka partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tidak tergantung pada koalisi untuk memajukan Ahok-Djarot. (fat/jpnn)

Click to comment
To Top